Selasa 09 Mar 2021 05:15 WIB

Kebenaran Informasi Sejarah Terdahulu dalam Alquran

Sejumlah kisah-kisah sejarah dalam Alquran telah banyak terbukti.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Kebenaran Informasi Sejarah Terdahulu dalam Alquran. Rumah batu kaum tsamud
Foto:

Allah berfirman dalam surah al-Fajr ayat 6-9: “Alam tara kaifa fa’ala Rabbuka bi-aadin. Irama dzaatil-imaadi. Allati lam yukhlaq mitsluha fil-bilad. Allati lam yukhlaq mitsluha fil-bilad. Irama dzaatil-imad,”.

Yang artinya: “Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap kaum Ad? Yaitu penduduk Iram yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi, yang belum pernah dibangun (suatu kota) seperti itu di negeri-negeri lain. Dan kaum Tsamud yang memotong batu-batu besar di lembah”.

Dijelaskan ada segelintir orang yang meragukan informasi ini. Tetapi, sedikit demi sedikit bukti-bukti keberannya terungkap, terutama ketika informasi Alquran digabungkan dengan bukti-bukti penelitian arkeologi yang menyebutkan tentang adanya gempa dan angin ribut.

Masa itu diperkirakan merupakan masa hidupnya kaum-kaum yang dihancurkan Tuhan, serta di tempat yang diisyaratkan oleh Kitab Suci. Lokasinya berdasarkan sejumlah fakta ilmiah dengan Alquran berada di Lembah Yordania, Pantai Laut Merah, serta Arab Selatan.

Prof Quraish menyebut, penjelasan ilmiah itu masih belum banyak diterima dan memuaskan semua pihak. Namun, dari hari ke hari, bukti ilmiah semakin jelas terkumpul dan tidak ada alasan lagi menolak informasi sejarah dalam Alquran sebagai sebuah kebenaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement