Selasa 09 Mar 2021 05:15 WIB

Kebenaran Informasi Sejarah Terdahulu dalam Alquran

Sejumlah kisah-kisah sejarah dalam Alquran telah banyak terbukti.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Kebenaran Informasi Sejarah Terdahulu dalam Alquran. Rumah batu kaum tsamud
Foto:

Alquran berbicara tentang kaum Tsamud dan kaum Ad yang kepada mereka diutus Nabi Shaleh dan Nabi Hud. Terdapat banyak uraian Alquran tentang kedua kaum ini.

Baik dari segi kemampuan dan kekuatan mereka maupun kedurhakaan dan pembangkangan mereka terhadap Tuhan dan utusan-Nya. Mereka akhirnya dihancurkan dengan gempa angin ribut yang sangat dingin lagi kencang.

Hal ini sebagaimana diabadikan Allah dalam Alquran surah al-Haqqah ayat 4-7, Allah berfirman: “Kadzabat tsamudu wa aadun bil-qariah. Fa amma tsamudu fa-uhliku bithaaghiyah. Wa ammaa aadun fa-uhliku birihin sharsharin aatiyah. Sakharaha alaihim sab’a layaalin wa tsamaniyata ayyaamin husuman fataral-qauma fiha shar’a ka-annahum a’jaazu nakhlin khaawiyah,”.

Yang artinya: “Kaum Tsamud dan Ad telah mendustakan hari kiamat. Adapun Tsamud, maka mereka telah dibinasakan dengan kejadian yang luar biasa (petir dan suaranya yang menghancurkan), sedangkan kaum Ad telah dibinasakan dengan angin yang sangat dingin lagi kencang. Allah menimpakan angin itu kepada mereka selama tujuh malam dan kedelapan hari secara terus-menerus. Maka kamu lihat kaum Ad ketika itu, mati bergelimpangan bagaikan tunggul-tunggul pohon kurma yang telah kosong (lapuk),”.

Di tempat lain, diuraikan oleh Alquran bahwa Ad memiliki kemampuan luar biasa sehingga mereka membangun Kota Iram dengan tiang-tiang yang tinggi dan yang belum pernah dibangun di negeri sehebat dan seindah itu sebelumnya.

photo
Lima Fakta Sains dalam Alquran - (Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement