Ahad 07 Mar 2021 04:55 WIB

Hukum Suami Minum ASI

Ulama dari mazhab yang berbeda memiliki pandangan yang berbeda pula.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Ani Nursalikah
Hukum Suami Minum ASI
Foto: Pixabay
Hukum Suami Minum ASI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah menikah, banyak orang yang bertanya-tanya, bagaimana hukumnya bagi suami yang tidak sengaja menelan air susu istrinya yang sedang dalam masa menyusui. Apakah suami tersebut menjadi saudara sepersusuan dengan anaknya.

Dalam sebuah hadits riwayat Abu Dawud menyebutkan, 

Baca Juga

حَدَّثَنَا عَبْدُ السَّلَامِ بْنُ مُطَهَّرٍ أَنَّ سُلَيْمَانَ بْنَ الْمُغِيرَةِ حَدَّثَهُمْ عَنْ أَبِي مُوسَى عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنٍ لِعَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ قَالَ لَا رِضَاعَ إِلَّا مَا شَدَّ الْعَظْمَ وَأَنْبَتَ اللَّحْمَ فَقَالَ أَبُو مُوسَى لَا تَسْأَلُونَا وَهَذَا الْحَبْرُ فِيكُمْ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سُلَيْمَانَ الْأَنْبَارِيُّ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ الْمُغِيرَةِ عَنْ أَبِي مُوسَى الْهِلَالِيِّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَعْنَاهُ وَقَالَ أَنْشَزَ الْعَظْمَ

Telah menceritakan kepada kami Abdussalam bin Muthahhar bahwa Sulaiman bin Al Mughirah, menceritakan kepada mereka dari Abu Musa dari ayahnya dari Ibnu Abdullah bin Mas'ud dari Ibnu Mas'ud, ia berkata; Tidaklah (dianggap) persusuan kecuali yang dapat menguatkan tulang dan menumbuhkan daging. Abu Musa berkata; jangan kalian bertanya kepada kami sementara orang alim ini berada di antara kalian. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Sulaiman Al Anbari, telah menceritakan kepada kami Waki' dari Sulaiman bin Al Mughirah dari Abu Musa Al Hilali, dari ayahnya dari Ibnu Mas'ud dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dengan makna yang sama dengannya, dan ia berkata; serta menumbuhkan tulang.

Dalam hadis tersebut dijelaskan, seseorang tidak dianggap saudara sepersusuan jika air susu yang diminum memiliki kadar yang banyaknya dapat menguatkan tulang dan menumbuhkan daging. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement