Jumat 26 Feb 2021 14:51 WIB

6 Kiat Perkuat Hubungan Anak dengan Alquran

Tidak ada yang membawa kita lebih dekat kepada Allah selain Alquran.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
6 Kiat Perkuat Hubungan Anak dengan Alquran. Dua orang santri difabel rungu belajar menghafal di Pondok Pesantren Tuli Darul Ashom, Sleman Yogyakarta. Ada 47 santri difabel rungu yang mondok belajar menghafal alquran di Ponpes ini.
Foto:

5. Untuk berbagai situasi yang membutuhkan pengasuhan, gunakan ayat Alquran

Kita sering meminta anak membersihkan kamar mereka, merapikan tempat tidur sendiri, atau menyimpan mainan mereka. Kita akan menegur jika mereka bertengkar satu sama lain. Orang tua perlu mengajari mereka nilai-nilai, seperti kejujuran, rasa hormat, kerendahan hati, dan cinta.

Dalam melakukan itu, jangan lupa bahwa Alquran penuh dengan ayat-ayat yang memaafkan semua nilai. Para orang tua dapat mengutip ayat-ayat Alquran yang mendukung moral guna mengajarkan kepada anak.

Misal, ketika Allah bertanya kepada Nabi Isa AS apakah dia mengatakan kepada orang Kristen bahwa dia adalah Tuhan. Lalu Nabi Isa AS mengatakan yang sebenarnya setelah dia mengakui kebesaran Allah. Kemudian Allah memuji Nabi Isa AS dan berkata,

قَالَ اللّٰهُ هٰذَا يَوْمُ يَنْفَعُ الصّٰدِقِيْنَ صِدْقُهُمْ ۗ لَهُمْ جَنّٰتٌ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًا ۗرَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُ ۗذٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيْمُ

Qālallāhu hāżā yaumu yanfa'uṣ-ṣādiqīna ṣidquhum, lahum jannātun tajrī min taḥtihal-an-hāru khālidīna fīhā abadā, raḍiyallāhu 'an-hum wa raḍụ 'an-h, żālikal-fauzul-'aẓīm.

“Allah berfirman, “Inilah saat orang yang benar memperoleh manfaat dari kebenarannya. Mereka memperoleh surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah rida kepada mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Itulah kemenangan yang agung.”

Ketika anak-anak kita memilih untuk mengatakan yang sebenarnya, kita dapat mengingatkan mereka tentang cerita ini dan mengutip ayat tersebut.

6. Bercerita

Alquran penuh dengan cerita yang menarik bagi indera dan imajinasi anak-anak. Beberapa hewan terlibat dalam cerita Alquran. Karena anak-anak mencintai hewan, kita dapat menggunakan cerita-cerita ini untuk membantu mereka merasa terikat pada Alquran dan belajar darinya.

Ada kisah gajah Abraha, anjing dan pemuda di dalam gua, unta, paus Nabi Yunus AS, gagak Kabeel, semut dan burung hoopoe Nabi Sulaiman AS, dan lain-lain. Anda bisa membacakan mereka kisah-kisah itu dari buku bergambar.

Warisan utama yang ingin kita tinggalkan untuk anak-anak kita saat kita telah pergi adalah menjaga iman dan berjalan di jalan Allah yang lurus selama mereka hidup. Kita tidak bisa mencapai tujuan itu selama kita mengabaikan Alquran. Mulailah membangun ikatan khusus antara Anda, anak-anak Anda dan Alquran sekarang, tidak peduli seberapa muda mereka. 

 

https://aboutislam.net/family-life/moms-dads/6-tips-to-strengthen-childrens-connection-to-quran/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement