Rabu 24 Feb 2021 14:32 WIB

Wadah Anggur Ditemukan di Daerah Kekuasaan Islam Sisilia

Kerajaan Islam berkembang di wilayah Mediterania selama abad ke-7 hingga 9.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ani Nursalikah
Wadah Anggur Ditemukan di Daerah Kekuasaan Islam Sisilia. Asap mengepul dari gunung berapi Gunung Etna seperti yang terlihat dari Riposto, Sisilia.
Foto:

Terlebih, tidak ada sumber sejarah di Sisilia saat ini yang dapat menentukan apa yang diminum oleh komunitas tersebut, khususnya Muslim. Studi itu, diterbitkan setelah para peneliti dari fasilitas BioArch University of York, bekerja sama dengan University of Rome Tor Vergata. 

Dalam penelitiannya, mereka menganalisis kandungan amphorae dengan mengidentifikasi jejak kimiawi yang terperangkap di dalam tubuh wadah. Hasilnya, ada temuan senyawa yang serupa dengan produsen anggur masa kini.

Asisten peneliti pascadoktoral di Departemen Arkeologi Universitas York Léa Drieu yang melakukan analisis tersebut mengatakan akan mengembangkan beberapa teknik analisis kimia baru ke depannya. Tujuannya menentukan itu adalah benar jejak anggur dan bukan jenis buah lain.

"Tetapi, residu organik yang ditemukan di amphorae di Sisilia, Palermo, dan tempat lain menunjukkan kandungannya hampir pasti adalah anggur, " katanya.

 

Terpisah, pengarah BioArCh, Profesor Oliver Craig mengatakan, saat ini mulai mengetahui pengujian yang cepat dan efektif. Khususnya untuk produk anggur dalam wadah keramik. Sehingga, penyelidikan mengenai penemuan itu ia klaim akan semakin menarik ke depannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement