Selasa 23 Feb 2021 22:32 WIB

Jumlah Istri Ali bin Abi Thalib dan Siapa yang Istimewa?

Ali bin Abi Thalib menikahi sejumlah wanita pilihan

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
AAli bin Abi Thalib menikahi sejumlah wanita pilihan. Ali bin Abi Thalib
Foto:

Beberapa kali dia harus menggadaikan barang-barang keperluan rumah tangga mereka untuk membeli makanan, sampai-sampai kerudung Fatimah pernah digadaikan kepada seorang Yahudi Madinah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka. 

Namun Fatimah harus berpulang terlebih dulu, tak sampai setahun selang kepergian Rasulullah. Diriwayatkan dari Aisyah RA, ''Fatimah wafat setelah enam bulan ayahnya, Rasulullah SAW, tepatnya pada hari Selasa bulan Ramadlan tahun 11 Hijriyah. Fatimah RA wafat dalam usia 28 tahun.  

Setelah kepergian Fatimah, Ali menikah dengan Umamah binti Zainab, anak dari Zainab binti Muhammad, kakak perempuan Fatimah az-Zahra. Dari pernikahannya, Ali dan Umamah dikaruniai seorang anak bersama Muhammad al-Ausath bin Ali bin Abi Thalib. Namun sekali lagi, Ali harus kembali ditinggal setelah Umamah menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 66 H/ 685 M. 

Ali kemudian menikah dengan Ummu Banin binti Hizam, dan dikaruniai lima orang putra, Ja’far bin Ali, Abdullah bin Ali, Utsman bin Ali, dan Abbas bin Ali. Ummu Banin memiliki nama asli Fatimah binti Hizam, namun karena kehormatannya, dia diberikan sebutan Ummu Banin. Namun kesedihan kembali merundung Ali, ketika sang istri meninggal pada 69 H (684 M).

Laila binti Mas’ud adalah perempuan selanjutnya yang dinikahi Ali. Dari pernikahannya, Ali dikaruniai dua anak laki-laki, yang diberi nama Ubaidullah dan Abu Bakar. Namun tidak ada keterangan apakah Laila meninggal atau diceraikan.

Setelahnya Ali menikah dengan Khawla binti Jaafar al-Hanafi. Khawla binti Jaafar al-Hanafi, merupakan budak dari Bani Hanifah yang dimerdekakan di Pertempuran Yamam. Dia berimigrasi dengan Ali ke Abyssinia dan melahirkannya Muhammad, Abdullah, dan Aoun.

 

Istri terakhir Ali adalah Ummu Said binti Urwah bin Masud al Thaqofiyyah. Dari Ummu Said, dilahirkan Ummul Hasan dan Ramlah. Ali juga menikahi seorang wanita bernama Mahyat, yang melahirkan seorang puteri yang meninggal ketika masih kecil. Imam Thabari menyebut Ali memiliki empat belas anak laki-laki dan sembilan belas anak perempuan, adapula yang mengatakan tujuh belas.     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement