Sabtu 06 Feb 2021 05:05 WIB

Bagaimana Cara Mencuci Pakaian dalam Islam?

Pakaian yang digunakan khususnya untuk ibadah harus dalam keadaan suci.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Bagaimana Cara Mencuci Pakaian dalam Islam?
Foto:

Untuk tata cara mencuci pakaian kotor saja, tidak ada ketentuan secara khusus. Ini selama yang digunakan adalah air suci, tempat suci, dan detergen suci. 

Namun, yang perlu diperhatikan adalah tata cara pakaian yang terkena najis. Jika Anda menggunakan air lebih dari dua qullah, pertama-tama pakaian boleh dikucek dahulu baru dimasukkan ke dalam air. 

Bisa juga pakaian tersebut langsung dimasukkan ke dalam air beserta najisnya selama najis yang menempel di pakaian hilang dan sifat air tidak berubah. Jika demikian, tata cara ini hukumnya sah.

Jika Anda memilih mencuci pakaian yang terkena najis dengan air mengalir, pertama mengucek dahulu, diperas, diberi air lagi, lalu diperas lagi. Setelah itu, baru dialiri air sampai benar-benar merata ke semua bagian pakaian dan najis benar-benar hilang. Yang perlu diperhatikan di sini adalah memastikan air benar-benar merata dalam pembilasan. Jangan sampai air sedikit malah dibuat mengaliri pakaian dalam waktu singkat. Hal ini akan membuat pakaian menjadi belum suci secara menyeluruh.

 

 

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=7hqTq8uFeXw

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement