Jumat 05 Feb 2021 05:07 WIB

Bolehkah Sholat Witir tanpa Sholat Tahajud Dulu?

Sholat witir adalah sebagai penutup sholat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Bolehkah Sholat Witir tanpa Sholat Tahajud Dulu?
Foto:

"Sehingga sebagian ulama dari kalangan zhohiriyah memandang sholat witir itu wajib. Tetapi jumhur ulama mengatakan sunnah mu'akkadah (sangat dianjurkan)," ucap pria yang tengah menempuh pendidikan magister di Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Rasulullah SAW, dalam hadits yang diriwayatkan dari jalur Ayyub al-Anshory, bersabda, "Witir itu hak bagi setiap muslim," (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan An-Nasa'i, dishahihkan oleh Ibnu Hibban).

Hadits lain juga menyebut soal keutamaan sholat witir. Dari Kharijah bin Hudzafah, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah membantu kamu dengan sholat yang lebih baik bagimu daripada unta merah?" Lalu kami bertanya, "Sholat apa itu ya Rasulullah?" Beliau menjawab, "Witir antara sholat isya' hingga terbitnya fajar," (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Imam Ahmad, dishahihkan Al Hakim).

 

Bahkan, keutamaan sholat witir semakin jelas dalam hadits yang diriwayatkan dari jalur Abdullah bin Buraidah dari ayahnya. Rasulullah SAW bersabda, "Witir adalah hak, maka siapa yang tidak sholat witir, ia bukan termasuk golongan kami." (HR Abu Dawud dengan sanad yang lemah. Dishahihkan Al-Hakim).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement