Jumat 05 Feb 2021 04:43 WIB

Hal-Hal yang Perlu Diketahui tentang Hari Jumat

Banyak hadits yang menjelaskan tentang keutamaan hari Jumat.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Hal-Hal yang Perlu Diketahui tentang Hari Jumat. Jamaah mendengarkan khutbah saat ibadah Sholat Jumat di Masjid Al Ukhuwah, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Jumat (15/1). Pemerintah Kota  Bandung memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara proporsional di tempat ibadah dengan membatasi jumlah jemaah menjadi 50 persen guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Foto: Abdan Syakura/Republika
Foto:

Sholat Jumat terdiri dari dua khutbah. Sholat Jumat akan dimulai setelah muadzin mengumandangkan iqomat. Barulah kemudian sholat Jumat dilaksanakan.

Dilansir dari About Islam, khutbah di Amerika biasanya dilakukan dalam bahasa Inggris, tetapi selalu tetap ada bahasa Arab saat khatib membacakan ayat Alquran atau doa. Selama khutbah, jamaah diwajibkan mendengarkan imam, oleh karena itu tidak ada pembicaraan yang terjadi.

Imam biasanya berdiri di atas mimbar dan jamaah duduk di lantai dan mendengarkan. Topik khutbah biasanya berkisar pada pengingat spiritual, peristiwa terkini, masalah sosial, dan keluarga.

Sholat Jumat biasanya berlangsung antara pukul 12.00-15.00 dan berlangsung antara 30 sampai 45 menit. Kemudian diikuti dengan doa singkat yang akan berlangsung selama lima-10 menit.

 

Sholat Jumat yang dilakukan pada siang hari, membuat karyawan di Amerika memanfaatkan jam makan siang mereka untuk melaksanakan sholat Jumat. Tapi bagi mereka yang bekerja di perusahaan yang mengakomodasi tempat ibadah untuk karyawannya, mereka bisa melakukannya tanpa harus pergi jauh menuju masjid. Beberapa tempat kerja atau universitas yang memiliki populasi Muslim yang banyak, biasanya mengizinkan karyawan mereka melakukan sholat sendiri di lokasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement