Kamis 04 Feb 2021 18:29 WIB

Doa Setelah Akad Nikah

Doa setelah akad nikah bagian dari adab seorang Muslim.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Doa Setelah Akad Nikah
Foto: Irsan Mulyadi/Antara
Doa Setelah Akad Nikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah mengucapkan ijab qabul, disunnahkan memberi ucapan selamat kepada kedua suami-istri yang baru menikah. Doa setelah akad nikah ini pun merupakan bagian dari adab seorang Muslim.

Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan Nabi Muhammad SAW. Nabi berdoa: “Baarakallahu lakuma wa baaraka alaikuma,”. Yang artinya: “Semoga Allah melimpahkan keberkahan bagi kalian berdua, dan keberkahan dalam apa saja yang dikaruniakan bagi kalian,”.

Baca Juga

Muhammad Bagir dalam buku Muamalah Menurut Alquran, Sunah, dan Para Ulama menjelaskan, membacakan doa-doa bagi kedua mempelai yang baru saja menunaikan ijab qabul merupakan bagian dari sunnah Nabi.

Hal ini sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW ketika menikahkan putrinya Sayyidah Fatimah dengan Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Nabi berdoa: “Jama’allahu syamlakuma wa baaraka lakuma wa athaaba naslakuma waja’ala naslakuma mafaatiha ar-rahmati wa ma’aadina al-hikmati wa amnal-ummati,”.

Yang artinya: “Semoga Allah mempersatukan hati kalian berdua, melimpahkan berkah-Nya atas kalian, memberikan keturunan yang baik bagi kalian dan menjadikan mereka kunci-kunci pembuka rahmat, sumber segala nikmat dan pembawa keselamatan bagi umat,”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement