Kamis 21 Jan 2021 06:00 WIB

Pendapat Sayyidah Aisyah Soal Istri Nabi Muhammad Tercantik

Ada Istri Nabi Muhammad yang membuat cemburu istri-istri lainnya.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Pendapat Sayyidah Aisyah Soal Istri Nabi Muhammad Tercantik. Foto: Mencintai Nabi Muhammad SAW (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dijelaskan bahwa pelayanan, kecerdasan, dan kecantikan Sayyidah Ummu Salamah adalah modalnya yang terbesar untuk merebut hati Nabi di antara istri-istri beliau. Demikian, kecantikan lahiriah Sayyidah Ummu Salamah juga dibarengi dengan kecantikan batiniah.

Prof Quraish menjelaskan, agaknya kedermawanan Sayyidah Ummu Salamah merupakan sifat yang menurun dari ayahnya yang sangat dermawan. Sampai-sampai sang ayah dikenal dengan gelar Zad Ar-Rakib (bekal musafir/penunggang).

Sayyidah Ummu Salamah juga merupakan seorang istri Nabi Muhammad SAW yang sangat cerdas. Sejarah membuktikan, pada tahun ke-6 Hijriah setelah ditandatanganinya Perdamaian Hudaibiyah, Nabi Muhammad mengajak sahabat-sahabat beliau untuk mencukur rambut mereka dalam rangka bertahalul guna kembali ke Madinah.

Setelah disepakati bahwa pada tahun itu Nabi SAW tidak diperkenankan oleh kaum musyrik melaksanakan umrah, tetapi di tahun berikut. Rupanya para sahabat itu kecewa karena mereka sangat ingin melaksanakan umrah dan rindu kembali ke Ka’bah, tetapi demikianlah butir dari kesepakatan.

Karena kekecewaan itu, mereka bermalas-malas menggundul/mencukur rambut. Nabi Muhammad pun cukup kesal atas sikap sahabat-sahabat itu dan menyampaikan rasa kesalnya terhadap Sayyidah Ummu Salamah yang ikut dalam rombongan. Kemudian, sang istri ini berkata kepada Nabi SAW: “Keluarlah sehingga mereka melihatmu. Tetapi jangan bercakap dengan seorangpun, tetapi sembelihlah untamu, dan panggil tukang cukurmu untuk mencukurmu,”.

Usul ini kemudian diterima Nabi dan tidak lama kemudian seluruh rombongan pria mengikuti Nabi Muhammad SAW. Berkat saran dari Sayyidah Ummu Salamah yang cerdas itu, terbukti para sahabat mengikuti Nabi Muhammad SAW. Kecerdasan Sayyidah Ummu Salamah juga terlihat dari sejumlah hadits yang diriwayatkannya.

Beliau meriwayatkan hadis Nabi baik secara langsung maupun tidak langsung. Sementara pakar hadits menyebutkan bahwa beliau telah meriwayatkan 378 hadis. Memang salah satu hikmah pernikahan Nabi Muhammad dengan istri-istrinya agar para istri itu ikut merekam pengalaman dan pelajaran yang dipetik dari Rasulullah SAW.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement