Selasa 05 Jan 2021 11:51 WIB

Islam di Oman: Kisah Sebuah Surat Zaman Nabi Muhammad

Sebuah Surat Zaman Nabi Muhammad ada di Oman

Surat zaman Nabi Muhammad yang tersimpan di Museum Oman.
Foto: omanobserver.om
Surat zaman Nabi Muhammad yang tersimpan di Museum Oman.

IHRAM.CO.ID,  Ada artikel yang dipajang di Museum Nasional Oman yang sering menggugah emosi orang dan karena arti penting serta signifikansinya yang besar.

Contoh artikel ini juga dipamerkan di museum lain. Ini adalah surat yang ditulis dalam bahasa Arab menggunakan tinta dan kulit bekas sebagai kanvas dan diyakini oleh museum telah ditulis pada 8 H./630 M.

Dokumen itu adalah surat dari Nabi Muhammad (alaihissalam) dengan stempelnya kepada Abd dan Jaifar, bersama Raja Oman pada waktu itu. Surat itu dikirim melalui 'Amr Ibn al-'As kepada Jaifar dan Jaffer ibn al Julanda.

Halima al Maimani dari Museum Nasional Oman menjelaskan, “Ibu kotanya saat itu adalah Suhar. Jadi surat ini dikirim meminta rakyat Oman untuk masuk Islam. "

Dia menyebutkan dalam suratnya, 'Bismillahi Rahman Rahim, dari Muhammad, Nabi Allah, saya meminta Anda untuk masuk Islam dan jika Anda melakukan seluruh hidup Anda dengan damai, tetapi jika tidak, Anda akan hidup dalam perang.'

Jadi menanggapi surat itu, Oman adalah negara pertama yang masuk Islam tanpa perang. Dikatakan bahwa Nabi (saw) berdoa untuk orang-orang Oman agar mereka tidak akan pernah memiliki musuh dari luar. "

Surat tersebut merupakan pajangan penting di Museum Nasional di area yang didedikasikan untuk sejarah Islam Oman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement