Selasa 01 Dec 2020 16:45 WIB

Meluruskan Makna Jihad

Banyak yang salah paham terhadap makna jihad sebenarnya.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Meluruskan Makna Jihad. ilustrasi jihad
Foto:

“Pemahaman itu tidak benar. Jihad tidak hanya berarti berperang secara fisik dengan mengangkat senjata, tetapi mempunyai arti yang luas,” kata Muchlis dikutip dari buku Damai Bersama Alqur’an, Selasa (1/12).

Dia menuturkan, secara lughawi (bahasa), perkataan Jihad berasal dari kata “jahd” yang mengandung arti “kesulitan” atau “kesukaran”. Menurut dia, jihad adalah aktivitas yang mengandung kesulitan dan kesukaran.

Ada pula yang berpendapat perkataan jihad berasal dari kata “Juhd” yang berarti kemampuan. Jihad dengan demikian berarti mengerahkan segala kemampuan untuk melakukan perbuatan demi mencapai tujuan tertentu.

Dari akar yang sama juga lahir kata ijtihad dan mujahadah. Ijtihad, yang merupakan istilah dalam bidang fikih, berarti menghancurkan pikiran untuk menetapkan hukum agama tentang suatu kasus yang tidak terdapat hukumnya secara jelas dalam Alquran dan sunnah.

Sedangkan Mujahadah, merupakan istilah dalam bidang akhlak/tasawuf, berarti perjuangan melawan hawa nafsu (jihad an-nafs) dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah. Menurut Muchlis, kata jihad, ijtihad, dan mujahadah, walaupun mempunyai konteks yang berbeda dalam penggunaannya, tetapi semuanya mengandung arti mencurahkan kemampuan dan melakukan perbuatan yang mengandung kesulitan untuk mencapai tujuan tertentu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement