Rabu 28 Oct 2020 05:07 WIB

Sabda Rasulullah, Kebohongan Menggiring ke Keburukan

Rasulullah mengatakan berbohong merupakan salah satu dosa besar.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Sabda Rasulullah, Kebohongan Menggiring ke Keburukan. Dilarang Berbohong (Ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Sabda Rasulullah, Kebohongan Menggiring ke Keburukan. Dilarang Berbohong (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Agama Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW mengajarkan umat manusia untuk berkata dan berbuat jujur. Berbohong termasuk dalam kategori dosa besar, menurut sabda Rasulullah SAW.

Rasulullah juga dalam sabdanya menyampaikan kebohongan menggiring kepada keburukan. Keburukan akan menggiring kepada neraka.

Baca Juga

Rasulullah SAW bersabda, "Jauhilah kebohongan, sebab kebohongan menggiring kepada keburukan, dan keburukan akan menggiring kepada neraka. Dan sungguh, jika seseorang berbohong dan terbiasa dalam kebohongan, hingga di sisi Allah ia akan ditulis sebagai seorang pembohong."

"Dan hendaklah kalian jujur, sebab jujur menggiring kepada kebaikan, dan kebaikan akan menggiring kepada surga. Dan sungguh, jika seseorang berlaku jujur dan terbiasa dalam kejujuran hingga di sisi Allah ia akan ditulis sebagai orang yang jujur." (HR Abu Dawud).

Di dalam Shahih Muslim juga Rasulullah SAW bersabda berkata bohong dan kesaksian palsu termasuk dosa besar. Disebutkan pula dosa besar lainnya, yaitu syirik kepada Allah, membunuh, dan durhaka terhadap kedua orang tua

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement