Sabtu 18 Jul 2020 05:43 WIB

Tips Agar Perbuatan Baik Jadi Kebiasaan Sesuai Ajaran Islam

Kondisikan pikiran untuk menciptakan kebiasaan perbuatan baik.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Ani Nursalikah
Tips Agar Perbuatan Baik Jadi Kebiasaan Sesuai Ajaran Islam
Foto:

Mengingatkan akan konsistensi

Kebiasaan adalah sesuatu yang dilakukan secara teratur. Dalam hal ini, seseorang bisa mengerjakan perbuatan baik seperti mulai membaca satu halaman Alquran setelah sholat atau selama istirahat. 

Sehingga, kebiasaan baik itu akan terbentuk. Begitupun dengan perbuatan baik lain, yang tentunya jika kita berhasil, maka akan mengubah diri sendiri secara konsisten.

Mengelilingi diri di antara lingkungan yang positif

Untuk memenuhi langkah ini, seseorang bisa memulai dengan menciptakan lingkungannya sendiri. Contohnya, jika seseorang sedang ingin konsisten dengan membaca Quran, maka bisa menciptakan lingkungan positif yang mendukung kegiatan tersebut. Jika dalam perjalanan, menggunakan aplikasi Alquran di gawai menjadi pilihan, tentunya dengan kondisi yang kondusif.

Mengelilingi diri dengan orang-orang positif juga menjadi keharusan dalam tahap ini. Pasalnya, jika orang dalam lingkungannya melakukan perbuatan baik, akan lebih mudah baginya untuk melakukan hal serupa. 

Memperkuat hubungan pribadi pada Allah SWT

Berbeda pada saat berusaha mencapai target jangka pendek, langkah ini bertujuan menambah lebih banyak perbuatan positif dan upaya memperbaiki kewajiban terhadap-Nya.

Ketika berusaha melakukannya, Anda harus selalu mengingatkan diri akan balasan di akhirat. Sehingga, saat masih hidup, pilihan meminta ampun pada-Nya menjadi jalan satu-satunya. Terlebih, ketika langkah ini juga merupakan cara terbaik dalam memotivasi diri agar lebih baik.

Tak hanya itu, dengan mendekatkan diri pada sang pencipta, itu juga berarti Anda akan mengingatkan diri pada janji Allah yang selalu dipenuhi. Hal itu juga ditegaskan dalam surat Al Baqarah ayat 186 yang berbunyi.

 

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement