Kamis 16 Jul 2020 20:58 WIB

Bupati Mojokerto: Sebaiknya Tahlilan di Masjid Tangguh

Masjid tangguh sudah memenuhi dan menerapkan standar protokol kesehatan.

Bupati Mojokerto: Sebaiknya Tahlilan di Masjid Tangguh
Foto: AP / Mosa'ab Elshamy
Bupati Mojokerto: Sebaiknya Tahlilan di Masjid Tangguh

REPUBLIKA.CO.ID, MOJOKERTO -- Bupati Mojokerto Pungkasiadi mengatakan sebaiknya pelaksanaan tahlilan dilakukan di masjid tangguh yang sudah memenuhi dan menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Saya paham, mungkin masyarakat sudah mulai kangen tahlilan. Namun, saya belum menyarankan untuk diadakan di rumah-rumah warga. Lebih baik di masjid tangguh. Ingat, grafik kita masih tinggi. Pandemi ini belum berakhir, jadi kita harus hati-hati," kata Bupati Mojokerto Pungkasiadi saat meresmikan kampung tangguh di Kecamatan Kemlagi, Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (16/7).

Baca Juga

Ia mengemukakan, memulai aktivitas sosial keagamaan yang sempat tersendat akibat pandemi Covid-19 dan disarankan bisa dijalankan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. "Misalnya dalam kegiatan tahlilan, agar dilaksanakan di masjid tangguh," katanya.

Ia mengatakan, di Mojokerto angka sebaran Covid-19 saat ini sudah tercatat mencapai 348 orang. Namun, angka kesembuhan juga terus menunjukkan perkembangan cukup baik, dengan catatan pasien sembuh 163 orang.

"Maka dari itu, kami tidak pernah lelah mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kesehatan. Selain menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, PHBS, Germas juga harus dilaksanakan," katanya.

Ia mengatakan pandemi ini baru pertama dan ia tidak mau ada yang kedua dan selanjutnya. "Kami upaya terus agar pandemi cepat selesai. Dari kejadian ini, kita belajar apa itu partisipasi, gotong royong, semangat dan sinergi bersama. Kamiharap upaya-upaya yang telah kamilakukan bisa mempercepat penanganan dan pemutusan rantai penyebaran Covid-19," katanya.

Ia menjelaskan bahwa adaptasi kebiasan baru dalam masa pandemi adalah menekankan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. "Antara lain memakai masker, menjaga jarak, rajin cuci tangan, di rumah saja jika tidak ada kepentingan, penyemprotan disinfektan, serta menjaga kesehatan diri dan lingkungan," katanya.

Menurutnya, adaptasi kebiasan baru tidak berarti semua sudah normal karena tidak tahu sampai kapan Covid-19 tersebut akan berakhir. "Adaptasi kebiasan baru saat ini adalah harapan kita agar hidup tetap produktif, aman, namun tidak sampai tertular Covid-19 dan ekonomi cepat pulih. Itu harus dipahami betul. Caranya tentu dengan menegakkan disiplin protokol kesehatan," katanya.

Kapolresta Mojokerto AKBP Deddy Supriyadi yang juga hadir dalam acara ini mengatakan, saat ini kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan semakin baik. Bahkan menurutnya, patuh bermasker ketika beraktivitas mampu membantu menekan angka penyebaran Covid-19.

"Kesadaran penerapan protokol kesehatan sudah membaik. Bahkan memakai masker, dinilai mampu membantu mencegah penularan. Tentunya dengan mengikuti protokol yang lain seperti rajin cuci tangan, jaga jarak, juga sedia hand sanitizer," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement