Selasa 07 Jul 2020 15:17 WIB

Syattariyah, Tarekat dari Hindustan

Tarekat Syattariyah menekankan aspek ritual pada zikrullah.

Rep: Nidia Zuraya/ Red: Muhammad Hafil
Syattariyah, Tarekat dari Hindustan. Foto: Jamaah Tarekat Syattariyah.
Foto: Antara
Syattariyah, Tarekat dari Hindustan. Foto: Jamaah Tarekat Syattariyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di Indonesia, terdapat banyak sekali aliran tasawuf yang dikembangkan melalui tarekat. Salah satunya adalah tarekat Syattariyah.

Tarekat Syattariyah pertama kali muncul di Hindustan (India) pada abad ke-15. Seperti tarekat lainnya, nama tarekat ini juga dinisbatkan pada tokoh yang menjadi pembawa atau pelopornya, yakni Syekh Abdullah asy-Syattar. Tarekat ini pernah menduduki posisi penting di dunia Islam karena pengaruhnya yang besar dan mendapatkan sambutan luas dari masyarakat Muslim, termasuk di Indonesia.

Baca Juga

John L Esposito, dalam Ensiklopedia Dunia Islam Modern, menyatakan, meski di banyak negara Muslim ajaran yang dibawa oleh Abdullah asy-Syattar dikenal dengan nama Tarekat Syattariyah; di beberapa tempat, seperti Iran dan kawasan Transoksania (Asia Tengah), ia lebih dikenal dengan nama lain. Di kedua wilayah ini, ajaran Abdullah asy-Syattar lebih dikenal dengan nama Isqiyah karena Abu Yazid al-Isqi dianggap sebagai tokoh utamanya. Sedangkan, di wilayah Turki Usmani (Kerajaan Ottoman), tarekat ini disebut Bistamiyah.

Dalam perkembangannya, Tarekat Syattariyah tidak menganggap dirinya sebagai cabang dari kelompok sufi mana pun. Tarekat ini dianggap sebagai suatu tarekat yang berdiri sendiri dan memiliki karakteristik dalam hal keyakinan dan praktik.

Sementara itu, mengenai sang tokoh, yakni Abdullah Asy-Syattar, hanya sedikit riwayat yang bisa diketahui. Dalam Ensklopedi Islam, disebutkan bahwa Abdullah Asy-Syattar ini kemungkinan besar dilahirkan di salah satu tempat di sekitar Bukhara (Samarkand). Di sinilah, dia diresmikan menjadi anggota Tarekat Isqiyah oleh gurunya, Muhammad Arif.

Namun, pada abad ke-15, popularitas Tarekat Isqiyah memudar karena perkembangan Tarekat Naqsyabandiyah yang sangat pesat di kawasan Asia Tengah. Karena itu, Abdullah asy-Syattar memutuskan pindah ke India. Semula, ia tinggal di Jawnpur. Kemudian, pindah ke Mondu, sebuah kota Muslim di daerah Malwa (Multan). Keputusan yang diambilnya ternyata tepat karena di sinilah akhirnya dia memperoleh popularitas dan berhasil mengembangkan Tarekat Syattariyah.

Tidak diketahui, apakah perubahan nama dari Tarekat Isqiyah yang dianutnya semula ke Tarekat Syattariyah atas inisiatifnya sendiri yang ingin mendirikan tarekat baru sejak awal kedatangannya di India atau atas inisiatif murid-muridnya. Ia tinggal di India sampai akhir hayatnya pada tahun 1428 M.

Sepeninggal Abdullah asy-Syattar, Tarekat Syattariyah disebarluaskan oleh murid-muridnya. Salah seorang murid yang paling berperan dalam mengembangkan dan menjadikan Syattariyah sebagai satu tarekat yang berdiri sendiri adalah Muhammad Ghaus dari Gwalior (wafat 1526 M). Sampai akhir abad ke-16, tarekat ini telah memiliki pengaruh yang luas di India. Dari wilayah ini, Tarekat Syattariyah terus berkembang ke Makkah, Madinah, dan sampai pula ke Indonesia.

Sufi India

Tidak dapat dimungkiri bahwa penyebaran Tarekat Syattariyah ke berbagai negara Islam ditunjang oleh kemasyhuran para sufi India sehingga hal itu menimbulkan daya tarik yang besar. Sejak abad ke-16 sampai abad ke-18, para sufi India banyak yang menetap di Makkah, Madinah, Irak, Iran, Turki, Asia Tengah, dan Asia Tenggara. Mereka berhasil menyebarkan ide-ide dan ajaran-ajaran yang mereka anut. Di antara para sufi itu adalah pengikut dan penganjur Tarekat Syattariyah.

Salah seorang tokoh sufi terkemuka dari India yang mengajarkan Tarekat Syattariyah di Makkah dan Madinah adalah Sibgatullah bin Ruhullah (wafat tahun 1606).

Sementara itu, yang memopulerkan Tarekat Syattariyah di negara-negara yang menggunakan bahasa Arab adalah Ahmad Sinhawi (wafat 1619), murid Sibgatullah. Salah seorang khalifahnya adalah Ahmad Qusasi (1583-1661) yang berasal dari Palestina.

Adapun tokoh penganjur Tarekat Syattariyah yang cukup terkenal di Madinah adalah Ibrahim al-Kurani (wafat 1689) yang berasal dari Turki. Ibrahim al-Kurani tampil menggantikan Ahmad Qusasyi sebagai pemimpin tertinggi Tarekat Syattariyah.

Dua orang yang disebut terakhir di atas, Ahmad Qusasyi dan Ibrahim al-Kurani, adalah guru dari Abdul Rauf Singkel yang mengembangkan Tarekat Syattariyah di Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement