Kamis 23 May 2024 13:15 WIB

Perilaku Sederhana Berpahala untuk Sesama Muslim

Sesama Muslim harus saling membantu.

Rep: mgrol 151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi sesama Muslim saling mendoakan.
Foto:

Ketiga, menyingkirkan gangguan di jalanan

Amalan sederhana yang bisa dilakukan umat Muslim yaitu menyingkirkan gangguan dari jalanan. Terlihat sepele tapi hal tersebut sangat membantu setiap orang yang akan melintas di jalanan. 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الإِيمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُونَ أَوْ بِضْعٌ وَسِتُّونَ شُعْبَةً فَأَفْضَلُهَا قَوْلُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَدْنَاهَا إِمَاطَةُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيقِ وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنَ الإِيمَانِ

Iman itu ada 70 atau 60 sekian cabang. Yang paling tinggi adalah perkataan ‘laa ilaha illallah’ (tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah), yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalanan, dan sifat malu merupakan sebagian dari iman. (HR. Bukhari, no. 9 dan Muslim, no. 35).

Contoh gangguan dari jalanan biasanya pohon, sampah, atau hal-hal lain yang bisa mengganggu perjalanan orang lain. 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

بَيْنَمَا رَجُلٌ يَمْشِى بِطَرِيقٍ وَجَدَ غُصْنَ شَوْكٍ عَلَى الطَّرِيقِ فَأَخَّرَهُ ، فَشَكَرَ اللَّهُ لَهُ ، فَغَفَرَ لَهُ

 

Ketika ada seorang laki-laki sedang berjalan ia menemukan dahan pohon berduri di tengah jalan, lantas ia menyingkirkannya, maka Allah berterima kasih kepadanya dan mengampuninya. (HR. Bukhari, no. 652 dan Muslim, no. 1914).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement