Selasa 21 May 2024 18:24 WIB

Sholat Sunnah yang Mudah, Tapi Hadiahnya Rumah di Surga

Setiap Muslim dianjurkan memperbanyak sholat sunnah.

Rep: mgrol 151/ Red: Erdy Nasrul
Sholat. Ilustrasi
Foto: Canva
Sholat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain menjadi kewajiban bagi setiap Muslim, sholat juga merupakan cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di antara beragam jenis sholat yang dianjurkan, terdapat sholat sunnah rawatib yang memiliki keutamaan tersendiri. 

Sholat sunnah rawatib adalah sholat sunnah yang dikerjakan secara rutin dan berkesinambungan, baik sebelum atau sesudah sholat wajib.

Baca Juga

Ketika seseorang menunaikan sholat sunnah rawatib, maka praktik tersebut menunjukkan kecintaannya kepada Allah SWT. Setiap rakaat yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan kekhusyuan adalah bukti dari keinginan untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. 

Dalam hadis dijelaskan:

 

عَنْ أُمِّ حَبِيبَةَ أُمِّ المُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «مَنْ صَلَّى اثْنَتَيْ عَشَرَةَ رَكْعَةً فِي يَومٍ وَلَيْلَةٍ بُنِيَ لَهُ  بِهِنَّ بَيْتٌ فِي الْجَنَّةِ

Dari Ummu Habibah, Ummul Mukminin radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barang siapa melakukan sholat dua belas rakaat dalam sehari semalam niscaya dibangunkan sebuah rumah baginya di surga.” (HR Muslim). 

Dua belas rakaat sholat sunnah rawatib di antaranya yaitu empat rakaat sebelum dzuhur, dua rakaat sesudah dzuhur, dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat sesudah isya, dan dua rakaat sebelum subuh. 

Di antara sholat sunnah rawatib tersebut masing-masing memiliki keutamaan tersendiri. Salah satunya sholat sunnah dua rakaat sebelum subuh dijelaskan dalam hadis sebagai amalan yang lebih baik daripada dunia dan seisinya. 

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

 

Dua rakaat sunnah fajar (qobliyah shubuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya. (HR. Muslim). 

Oleh karena itu, Allah sangat menyukai hamba-Nya yang melakukan ibadah sunnah dengan rutin. Sebagaimana dari ’Aisyah radhiyallahu ’anha, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda:

أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ

Amalan yang paling dicintai oleh Allah ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit. (HR Muslim). 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement