Selasa 07 May 2024 07:59 WIB

Sembilan Hadiah Allah Bagi Orang yang Menjaga Sholat Lima Waktu

Sembilan kemuliaan diberikan Allah bagi yang menjaga sholat lima waktu.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Allah memberikan kemuliaan bagi yang menjaga sholat lima waktu.
Foto: Republika.co.id
Allah memberikan kemuliaan bagi yang menjaga sholat lima waktu.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sholat lima waktu yakni Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya adalah ibadah wajib. Sholat lima waktu juga masuk dalam lima rukun Islam yakni Syahadat, Sholat, Zakat, Puasa dan Haji.

Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Banteni dalam kitab Nashaihul Ibad menukil perkataan Sayyidina Utsman bin Affan Radhyalahu anhu terkait sembilan kemuliaan yang diberikan Allah kepada orang-orang yang menjaga sholat.

Baca Juga

بتسع وقال عثمان رضى الله عنه من حفظ الصلوات الخمس لوقتها وداوم عليها أكرمه الله كرامات أولها يحبه الله ويكون بدنه صحيحا وتحرسه الملائكة وتنزل البركة في داره ويظهر على وجهه سيما الصالحين ويلين الله قلبه ويمر على الصراط كالبرق اللامع وينجيه الله من النار وينزله الله في جوار الذين لاخوف عليهم ولاهم يحزنون

Sebagaimana yang dikatakan oleh Sayyidina Utsman Radhiyallahu anhu, "Siapapun yang memelihara sholat yang lima tepat pada waktunya, dan rutin dalam melaksanakannya. Maka Allah akan memuliakannya dengan sembilan kemuliaan."

"Yaitu dicintai Allah, tubuh selalu sehat, dijaga oleh Malaikat, turun berkah pada rumahnya, akan tampak pada wajahnya tanda-tanda orang yang shaleh, Allah akan melembutkan hatinya, akan melewati shirath (titian) secepat kilat, akan diselamatkan oleh Allah dari api neraka, dan Allah akan menempatkannya beserta orang-orang yang tidak takut dan tidak sedih."

Mengenai yang dimaksud dengan mereka yang tidak merasa takut dan sedih adalah para wali yang besar. Ini sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Ibnu Nashr.

خَمْس صَلَوَاتٍ مَنْ حَافَظَ عَلَيْهِنَّ كَانَتْ لَهُ نُورًا وَبُرْهَانًا وَبَحَاةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَمَنْ لَمْ يُحَافِظُ عَلَيْهِنَّ لَمْ يَكُنَّ لَهُ نُورًا وَلَا بُرْهَانًا وَلَا نَحَاةٌ وَكَانَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَعَ فِرْعَوْنَ وَقَارُوْنَ وَهَامَانَ وَأُبَيِّ بْنِ خلف

"Lima sholat (fardhu), siapapun yang dapat memeliharanya, maka ia akan memperoleh nur dan burhan (bukti kebenaran diri), juga keselamatan di hari kiamat. Siapapun yang tidak mau memeliharanya, maka ia tidak akan mempunyai nur (cahaya), burhan dan tidak pula memperoleh keselamatan. Pada hari kiamat (nanti) ia akan bersama Firaun, Qarun, Haman, dan Ubay bin Khalaf."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement