Senin 22 Apr 2024 09:08 WIB

Dari Wallah Hingga Insya Allah, Ungkapan Islami Kini Jadi Budaya Populer di Barat

Khabib Nurmagomedov kerap menggunakan ungkapan islami dalalm wawancara.

Disjoki dan produser DJ Khaled mendapat bintang Hollywood Walk of Fame, Senin (11/4/2022).
Foto: Richard Shotwell/Invision/AP
Disjoki dan produser DJ Khaled mendapat bintang Hollywood Walk of Fame, Senin (11/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Istilah-istilah islami saat ini seakan sudah menjadi hal biasa diungkapkan oleh masyarakat dunia, bahkan oleh orang non-Muslim. Kata-kata "insya Allah" hingga "masya Allah" adalah beberapa kata yang sering terdengar di berbagai kesempatan.

Kata-kata ini tidak lagi hanya dapat didengar di dunia Barat saat khutbah bagi umat Muslim. Tapi juga dapat ditemukan dalam lagu rap atau dalam beberapa acara olahraga.

Baca Juga

Dilansir dari Middle East Eye, atlet Ultimate Fighting Championship seperti Khabib Nurmagomedov tidak malu dengan warisan Muslim mereka dan telah menggunakan ekspresi Islami dalam wawancara. Di tempat lain, entertainer seperti DJ Khaled menerima tantangan untuk mengajarkan kata-kata Arab kepada penggemar mereka. Dalam salah satu klip viral, produser musik itu memperagakan pengucapan bahasa Arab.

BACA JUGA: Porta Potty Pesta Menyimpang Orang Kaya Dubai, Psikolog Muslim Ingatkan Ini

Beberapa kata sebenarnya sudah menjadi mainstream bahkan di dunia Barat, diantaranya sebagai berikut.

Ungkapan Islami yang Kini Bukan Hal Asing di Dunia Barat

• Salam

Berasal dari bahasa Arab, kata salam adalah salah satu salam yang paling banyak digunakan di Timur Tengah dan dunia Islam. Secara harfiah, salam berarti "damai". Kata ini serumpun dengan salam Ibrani shalom, karena bahasa Arab dan Ibrani adalah bahasa Semit dengan nenek moyang yang sama.

Dalam konteks Islam, salam adalah cara singkat untuk mengatakan Assalamualaikum. Saat ini, varian salam banyak digunakan oleh komunitas non-Muslim dan sekuler di Timur Tengah, serta di negara-negara di mana Muslim menjadi minoritas. Ungkapan itu cukup dikenal oleh rapper Maroko-Amerika French Montana untuk merilis single berjudul Salam Alaykum.

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement