Kamis 18 Apr 2024 18:45 WIB

Tips Hidup Sehat Berdasarkan Sunnah Nabi Muhammad

Nabi Muhammad menjalankan pola hidup yang tidak berlebihan.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi melaksanakan qiyamul lail.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi melaksanakan qiyamul lail.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasulullah SAW adalah suri tauladan yang utama bagi umat Islam dan bagi seluruh manusia. Beliau tidak hanya memberikan petunjuk dalam hal ibadah, tetapi juga dalam semua aspek kehidupan, mulai dari pergaulan, bisnis, hingga keadilan.

Salah satu kebiasaan Nabi Muhammad SAW dalam menjaga kesehatan bisa diikuti dengan cara-cara sebagai berikut:

Baca Juga

Pertama, tidak makan secara berlebihan

Rasulullah SAW dikenal karena kesederhanaan dan pilihan makanan yang seimbang. Dengan mengikuti jejak beliau, manusia dapat mempraktikkan kontrol diri dalam mengonsumsi makanan, menghindari pemborosan, dan memberikan perhatian lebih pada kesehatan serta kesadaran spiritual.

عَنِ المِقْدَامِ بْنِ مَعْدِيْكَرِبَ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ:

مَا مَلَأَ آدَمِيٌّ وِعَاءً شَرًّا مِنْ بَطْنٍ بِحَسْبِ ابْنِ آدَمَ أُكُلَاتٌ يُقِمْنَ صُلْبَهُ فَإِنْ كَانَ لَا مَحَالَةَ فَثُلُثٌ لِطَعَامِهِ وَثُلُثٌ لِشَرَابِهِ وَثُلُثٌ لِنَفَسِهِ

رَوَاهُ الإِمَامُ أَحْمَدُ وَالتِّرْمِذِيُّ وَالنَّسَائِيُّ وَابْنُ مَاجَهْ وَقَالَ التِّرْمِذِيُّ:حَدِيْثٌ حَسَنٌ

Dari Al-Miqdam bin Ma’dikarib radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada tempat yang lebih jelek daripada memenuhi perut keturunan Adam. Cukup keturunan Adam mengonsumsi yang dapat menegakkan tulangnya. Kalau memang menjadi suatu keharusan untuk diisi, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga untuk nafasnya.” (HR. Imam Ahmad, Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah). 

Kedua, selalu bangun sebelum subuh

Menurut medis, kebiasaan bangun pagi dapat membuat seseorang berpikir lebih positif dan lebih aktif dalam menjalani hari. Selain itu, bangun pagi juga diketahui bisa menciptakan rasa bahagia, di mana perasaan ini mengacu pada suasana hati secara umum sepanjang hari.

Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam juga sering bangun sebelum subuh untuk menunaikan sholat dua rakaat yang disebut dengan sholat tahajud. 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ». أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “sholat yang paling afdhal setelah sholat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim).

Dalam hadis lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

عَقِدَ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ ، يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ ، فَإِنِ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ ، وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ

Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika dia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR. Bukhari no. 1142 dan Muslim no. 776).

Oleh karena itu, bangun sebelum subuh memungkinkan seseorang untuk memanfaatkan waktu yang paling tenang dan penuh berkah, sehingga memberi kesempatan untuk meningkatkan produktivitas dan kesehatan mental.

Ketiga, selalu menjaga kebersihan

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement