Selasa 16 Apr 2024 13:25 WIB

Gambaran Nabi Muhammad SAW dalam Perang: Sosok tidak Kenal Takut

Nabi Muhammad SAW adalah pahlawan yang paling berani dan gagah perkasa.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Republika.co.id
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam Al Ghazali bernama lengkap Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin menggambarkan keberanian Nabi Muhammad SAW dalam peperangan. Digambarkan dalam Perang Badar, Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang paling berani, paling unggul, dan menjadi pahlawan.

Perang Badar merupakan perang pertama yang terjadi antara kaum Muslimin dengan kaum Musyrikin. Perang ini dinamakan Perang Badar karena terjadi di daerah Badar, yaitu daerah antara Makkah dan Madinah.

Baca Juga

Dalam perang Badar, jumlah umat Islam sebanyak 300 orang melawan kaum kafir sebanyak 1.000 orang. Namun, hasilnya kemenangan bagi Muslim.

Pihak Muslim syahid sebanyak 14 orang. Sementara sebanyak kaum kafir mati 70 orang dan ditawan 70 orang.

Dalam kitab Ihya Ulumuddin digambarkan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah pahlawan yang paling berani dan gagah perkasa. Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu anhu berkata, "Dalam Perang Badar, kami semua berdiri di sekitar Rasulullah SAW. Rasulullah SAW yang paling dekat dengan musuh-musuhnya. Kami menyaksikan Rasulullah SAW pada hari itu, sebagai orang paling berani dan gagah perkasa."

Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu anhu berkata, "Ketika perang mulai berkecamuk, di mana kaum Muslim berperang melawan kaum kafir, kami semua mengkhawatirkan Rasulullah SAW, karena beliau yang paling dekat kepada musuhnya. Tidak ada seorang pun yang paling dekat jaraknya kepada musuh selain Rasulullah SAW. Pada waktu itu Rasulullah SAW tampak paling unggul kekuatannya."

Seorang sahabat Nabi Muhammad SAW bernama Imran bin Husain berkata, "Orang pertama yang maju menghadapi musuh (kaum kafir) adalah Rasulullah SAW."

Para sahabat Nabi berkata bahwa Rasulullah SAW mempunyai taktik dan strategi paling unggul. Dalam Perang Hunain, ketika Rasulullah SAW dikelilingi musuh-musuhnya, beliau turun dari baghalnya lalu bersabda, "Sesungguhnya, aku adalah seorang Nabi, tidak pernah berdusta. Aku adalah keturunan Abdul Muthalib."

Pada hari itu, tidak ada orang yang paling berani selain Nabi Muhammad SAW.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement