Jumat 12 Apr 2024 23:07 WIB

Peristiwa-Peristiwa Penting yang Terjadi pada Syawal, Termasuk Perang Uhud

Syawal menjadi bulan terjadinya peristiwa penting dalam sejarah Islam

Masjid Sayed Al-Shuhada di Madinah, Arab Saudi adalah situs penting dalam sejarah Islam karena menceritakan kisah Perang Uhud yang terjadi pada tahun ketiga Hijriyah.
Foto: SPA
Masjid Sayed Al-Shuhada di Madinah, Arab Saudi adalah situs penting dalam sejarah Islam karena menceritakan kisah Perang Uhud yang terjadi pada tahun ketiga Hijriyah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sejarah awal Islam juga mencatat sejumlah peristiwa serta momen penting yang terjadi di bulan Syawal. Beberapa di antaranya bahkan memiliki pengaruh kuat terhadap keberhasilan pengembangan  agama Islam di fase berikutnya.

Salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam yang terjadi pada Syawal adalah Perang Uhud. Inilah pertempuran yang memberikan pelajaran berharga bagi umat akan pentingnya menjaga ketaatan kepada perintah Rasulullah. Perang Uhud  berkecamuk pada 15 Syawal 3 H atau Ahad 31 Maret 625 M.

Baca Juga

Kemenangan yang hampir diraih umat Islam dalam pertempuran itu berbalik menjadi sebuah kekalahan. Berawal saat pasukan panah yang diperintahkan Rasulullah  untuk bersiaga di bukit Uhud, justru meninggalkan posnya karena tergiur rampasan perang.

Tak ayal, kondisi ini dimanfaatkan oleh pasukan berkuda Quraisy, pimpinan Khalid bin Walid (ketika itu belum masuk Islam), untuk menggempur pasukan Muslim yang lengah. Akibatnya, banyak pasukan Islam menjadi syuhada. 

Allah SWT pun langsung menegur umat Muslim yang telah mengabaikan perintah Rasul-Nya.Allah SWT berfirman dan surat Ali Imran ayat 165, ''Dan mengapa kamu  (heran) ketika ditimpa musibah (kekalahan Perang Uhud), padahal kamu telah menimpakan kekalahan dua kali lipat (kepada musuh-musuhmu pada Perang Badar), kamu berkata, “Dari mana datangnya (kekalahan) ini?” Katakanlah, “Itu dari (kesalahan) dirimu sendiri”. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.''

Peristiwa penting lainnya yang terjadi pada Syawal adalah terjadinya Perang Bani Qainuqa. Di sini, pasukan Islam pimpinan Rasulullah memerangi kaum Yahudi lantaran mereka memusuhi kaum Muslim. Mereka juga yang pertama  mengkhianati perjanjian yang dibuat kedua pihak.

Sejarah Islam juga mencatat beberapa perang besar lainnya di  bulan Syawal ini. Di antaranya adalah Perang Bani Sulaim dii Kudri, Perang Hamro-al-asad setelah Perang Uhud, Perang Khandaq (5 Hijriyah), Perang Hunain (8 H) usai Fathu Makkah, serta Perang Tha'if.

Ada pula peristiwa non-peperangan yang patut menjadi perhatian karena keistimewaannya. Pernikahan Rasulullah dengan Aisyah ra dan Ummu Salamah merupakan salah satunya. Tercatat pula kelahiran Abdullah bin Zubair ra, dialah bayi  pertama kaum Muhajirin yang lahir di Madinah (1 Hijriyah).

Imam Bukhari juga diketahui dilahirkan pada Syawal, yakni tahun 194 Hijriyah. Beliau wafat pada tahun 256 H yakni di malam Idul Fitri dan dimakamkan pada hari raya 1 Syawal.   

photo
Infografis Peristiwa Penting di Bulan Syawal - (Republika.co.id)

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement