Kamis 11 Apr 2024 13:30 WIB

Selain tidak Bayar Zakat, Ini 5 Penghambat Rezeki Rumah Tangga

Rezeki bukan semata-mata uang.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berusaha mendapatkan rezeki.
Foto:

Hal kedua ialah mengerjakan perbuatan maksiat dan perbuatan yang diharamkan. Ini menjadi salah satu faktor penghalang rezeki, bahkan ini juga menjadi penyebab utama mengapa rezeki seorang hamba seret.

Ketiga, yaitu kufur nikmat atau tidak bersyukur dan mencerca nikmat yang telah diberikan oleh Allah SAW kepada dirinya. Allah SWT berfirman, "Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur)." (QS. Ad Duha ayat 11) 

Keempat, pelit. rezeki rumah tangga juga bisa terhambat karena faktor bakhil atau pelit. Tidak suka mengeluarkan hartanya di jalan Allah SWT. Allah SWT berfirman:

"Dan jangan sekali-kali orang-orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karunia-Nya mengira bahwa (kikir) itu baik bagi mereka, padahal (kikir) itu buruk bagi mereka. Apa (harta) yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan (di lehernya) pada hari Kiamat. Milik Allah-lah warisan (apa yang ada) di langit dan di bumi. Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan." (QS. Ali Imran ayat 180)

Kelima yakni tidak bayar zakat. Tidak membayar zakat dan tidak bersedekah juga menjadi faktor penghalang rezeki rumah tangga, dan berkurangnya serta hilangnya keberkahan hidup. 

Allah SWT berfirman, "Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)". Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya" (QS Saba ayat 39)

Keenam adalah makan uang haram. Faktor lain rezeki rumah tangga tersendat karena sumber pendapatannya haram. Uang haram tidak berkah meski secara fisik memiliki harta yang berlimpah. Seorang Muslim harus menjemput rezeki dengan cara halal dan thayyib, serta berdasarkan ketentuan Alquran dan sunnah. 

Rasulullah SAW bersabda:

 اللَّهُمَ قَنِّعْنِي بِمَا رَزَقْتَنِي، وَبَارِكْ لي فِيهِ، 

"Ya Allah, jadikanlah aku merasa cukup dengan apa yang Engkau rezekikan, berikanlah berkah di dalamnya." (HR Al Hakim)

 

Hadits itu mengandung pesan tentang keutamaan rezeki yang berkah. Bukan banyaknya rezeki yang membuat cukup, melainkan keberkahan itulah yang menjadikan banyak atau sedikit rezeki menjadi lapang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement