Selasa 09 Apr 2024 23:01 WIB

Ziarah Kubur Sesudah Sholat Idul Fitri, Begini Sunnah dan Doanya 

Ziarah kubur merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Ziarah kubur (ilustrasi). Ziarah kubur merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan
Foto:

Imam Ahmad bin Hambal bahkan menjelaskan bahwa ketika seseorang berziarah kubur hendaknya membaca Alquran terutama yakni surat Al Fatihah dan surat Al Ikhlas, Al 'Alaq dan surat An Naas. Maka menurut Imam Ahmad bin Hambal bacaan-bacaan Alquran yang dibaca oleh orang yang berziarah kubur itu pahalanya sampai kepada orang yang telah meninggal yang makamnya diziarahi itu.  

ذكر أبو حامد في كتاب الإحياء و أبو محمد عبد الحق في كتاب العاقبة له: قال محمد بن أحمد المرورذي : سمعت أحمد بن حنبل رضي الله عنه يقول : إذا دخلتم المقابر فاقرءوا بفاتحة الكتاب والمعوذتين وقل هو الله أحد واجعلوا ذلك لأهل المقابر فإنه يصل إليهم .

Dijelaskan oleh Abu Hamid Al Ghazali di dalam kitab Al Ihya dan oleh Abu Muhammad Abdul Haq dalam kitab Al 'Aqibah. Berkata Muhammad bin Ahmad Al Marwadzi : Aku mendengar Ahmad bin Hambal berkata: Apabila datang kalian ke kuburan maka bacalah oleh kalian surat Al Fatihah, dan membaca surat Al mu'awidzataiyni. Maka bacalah Qulhu Allahu Ahad. Dan jadikan kalian bacaan itu semua untuk ahli kubur, maka sesungguhnya membaca (Fatihah dan surat-surat lain dalam Alquran) itu sampai pahalanya kepada mereka ahli kubur. (Lihat kitab At Tadzkirah karya Imam Qurthubi terbitan Maktabah Darul Minhaj halaman 284). 

 

photo
Infografis Adab Ziarah Kubur - (Republika)
photo
Infografis Adab Ziarah Kubur - (Republika)

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement