Jumat 05 Apr 2024 10:02 WIB

Makna Asmaul Husna Ash Shabur: Bersabar dan tidak Bergantung pada Manusia

Manfaat dan mudharat itu berasal dari Allah Ta'ala.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Seorang warga muslim di Masjid Asmaul Husna, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten.
Foto:

Sebagai contoh, ketika api menyentuh kapas atau bahan yang mudah terbakar lainnya, maka terjadilah pembakaran. Apakah api sendiri yang menyebabkan bahan tersebut terbakar, atau apakah api diperintahkan untuk menyebabkan pembakaran, atau apakah ada tindakan lain yang menyebabkan pembakaran.

Pertanyaannya kemudian, apakah pembakaran di dalam api adalah sesuatu yang terjadi dengan sendirinya? Atau apakah ada hal lain yang terlibat? Jika merujuk pada pandangan dari kalangan Muktazilah, Allah menanam kekuatan dalam beberapa benda untuk menyebabkan efek tersebut.

Sedangkan Imam Al-Ghazali memperingatkan api adalah yang menyebabkan pembakaran dalam benda-benda yang mudah terbakar. Tentu tidak ada penolakan terhadap api sebagai penyebab, tetapi tidak ada bukti bahwa api sendiri yang menyebabkan pembakaran. Setiap kali api menyentuh kapas, tentu pembakaran terjadi.

Karena itu, Imam Al-Ghazali memberikan pertanyaan, "Apa jenis hubungan antara fenomena pertama 'api' dan yang kedua 'pembakaran'?" Dia mengatakan bahwa ketika dua hal ini bertemu, maka ada tindakan lain yang terjadi, yaitu pengapian.

Al Tayeb menjelaskan, beberapa filsuf ingin membuktikan bahwa api memiliki kehendak, pengetahuan, dan kemampuan meskipun itu adalah benda mati. Jika demikian, bagaimana mungkin Nabi Ibrahim keluar dari api setelah diperintahkan kepadanya untuk menjadi dingin dan aman tanpa terbakar bahkan malah menikmati api tersebut?

Ini menunjukkan bahwa ada yang bisa...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement