Sabtu 30 Mar 2024 22:24 WIB

Cinta kepada Nabi Muhammad SAW Syarat Cinta Allah SWT, Begini Penjelasannya

Rasulullah SAW adalah sosok yang wajib dicintai Muslim

Nabi Muhammad (ilustrasi). Rasulullah SAW adalah sosok yang wajib dicintai Muslim
Foto: republika
Nabi Muhammad (ilustrasi). Rasulullah SAW adalah sosok yang wajib dicintai Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Rasulullah SAW adalah panutan bagi manusia dalam segala hal. Rasulullah SAW adalah teladan terbaik bagi para pemimpin yang mengharapkan keberhasilan dan keselamatan dalam kepemimpinannya.

Rasulullah SAW juga teladan terbaik bagi kepala keluarga yang ingin membangun keluarga yang harmonis. 

Baca Juga

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya: “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS Al-Ahzab ayat 21). 

 

Oleh karena itu setiap orang yang berharap mendapatkan cinta dan kasih sayang Allah SWT harus juga mencintai Rasulullah SAW. 

Sebab mustahil bagi seseorang yang mengharap cinta Allah namun tak mengenal dan tak mencintai, serta tak mengikuti Rasulullah SAW. Allah SWT berfirman: 

مَنْ يُّطِعِ الرَّسُوْلَ فَقَدْ اَطَاعَ اللّٰهَ ۚ وَمَنْ تَوَلّٰى فَمَآ اَرْسَلْنٰكَ عَلَيْهِمْ حَفِيْظًا

Artinya: "Siapa yang menaati Rasul [Muhammad], maka sungguh telah menaati Allah. Siapa yang berpaling, maka Kami tidak mengutus engkau [Nabi Muhammad] sebagai pemelihara mereka."(QS an-Nisa ayat 80).

Oleh karenanya seseorang tak mungkin mendapatkan cinta Allah SWT kecuali orang tersebut mengikuti Nabi Muhammad SAW di dalam segala hal.

عَنْ أَنَسٍ عَنِ النَّبِىِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ حَلاَوَةَ الإِيمَانِ أَنْ يَكُونَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا ، وَأَنْ يُحِبَّ الْمَرْءَ لاَ يُحِبُّهُ إِلاَّ لِلَّهِ ، وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُودَ فِى الْكُفْرِ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِى النَّارِ

Dari Anas, Nabi Muhammad SAW bersabda, 'Tiga hal, barangsiapa memilikinya maka ia akan merasakan manisnya iman. [yaitu] menjadikan Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai dari selainnya, mencintai seseorang semata-mata karena Allah, dan benci kembali kepada kekufuran sebagaimana bencinya ia jika dilempar ke dalam api neraka.'"(HR Bukhari Muslim).

Para sahabat adalah orang-orang yang memiliki kecintaan yang sangat besar kepada Rasulullah. Bahkan sahabat Ja'far bin Abi Thalib yang syahid dalam perang mengungkapkan bahwa tidak ada yang lebih indah selain wajah nabi Muhammad SAW. Bahkan keindahan wajah nabi Muhammad lebih indah dari surga. 

Para ulama khususnya para pengarang kitab maulid seperti kitab Maulid al Barzanji karya Syaikh Ja’far bin Husin bin Abdul Karim bin Muhammad Al Barzanji, kitab maulid Simtudduror karya Habib Ali bin Muhammad bin Husein Al Habsyi, kitab Maulid Diba' karya Imam Wajihuddin Abdu Ar Rahman bin Muhammad bin Umar bin Ali bin Yusuf bin Ahmad bin Umar ad Dibai, kitab Maulid Burdah karya Imam Al Bushiri, dan kitab Maulid Adh Dhiyaul Lami' karya Habib Umar bin Hafidz adalah orang-orang yang memiliki kecintaan sangat besar kepada Rasulullah SAW . Itu terlihat dari syair-syair yang digunakan untuk meluapkan cinta kepada Rasulullah SAW yang begitu indah. 

photo
Empat Makna Penting dalam Ayat Laqod Jaakum terkait Nabi Muhammad - (Republika)

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement