Jumat 29 Mar 2024 17:30 WIB

Imam Al Ghazali Ingatkan Agar Mata Dijaga dari Empat Perkara Ini

Mata dipelihara atau dijaga dari empat perkara agar tidak berbuat maksiat.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Teladan Imam Ghazali dalam tradisi ilmiah (ilustrasi), ilustrasi ulama
Foto: republika
Teladan Imam Ghazali dalam tradisi ilmiah (ilustrasi), ilustrasi ulama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT melalui Rasul-Nya, Nabi Muhammad SAW mengingatkan umat manusia agar menjaga seluruh anggota badannya dari perbuatan maksiat dan dosa. Dari sekian banyak anggota badan yang harus dijaga, perlu diketahui agar mata atau pandangan kita juga perlu dijaga dari empat perkara atau empat hal.

Imam Al Ghazali bernama lengkap Imam Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah menyampaikan agar manusia menjaga tujuh anggota badan yakni mata, telinga, lidah, perut, kemaluan, tangan dan kaki. 

Baca Juga

Alim ulama bergelar Hujjatul Islam Zainuddin al-Thusi ini juga menjelaskan agar mata dipelihara atau dijaga dari empat perkara agar tidak berbuat maksiat.

Pertama, menjaga mata dari melihat perempuan yang bukan muhrim. Kedua, menjaga mata dari melihat gambar-gambar yang membangkitkan syahwat.

Ketiga, menjaga mata dari melihat orang lain dengan pandangan menghina. Keempat, menjaga mata dari melihat aib orang lain.

Menurut Imam Al Ghazali, mata sebenarnya diciptakan oleh Allah SWT agar manusia dapat melihat segala sesuatu. Sehingga manusia dapat menggunakan matanya dalam menunaikan segala hajatnya.

Juga supaya manusia dapat melihat keajaiban serta keindahan langit dan bumi. Sehingga manusia dapat mengambil iktibar darinya. Karena itu mata perlu dipelihara dari empat perkara atau dipelihara dari maksiat.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

اَلْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلٰٓى اَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَآ اَيْدِيْهِمْ وَتَشْهَدُ اَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ 

Al-yauma nakhtimu ‘alā afwāhihim wa tukallimunā aidīhim wa tasyhadu arjuluhum bimā kānū yaksibūn(a).

Pada hari ini Kami membungkam mulut mereka. Tangan merekalah yang berkata kepada Kami dan kaki merekalah yang akan bersaksi terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. (QS Yasin Ayat 65)

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

يَّوْمَ تَشْهَدُ عَلَيْهِمْ اَلْسِنَتُهُمْ وَاَيْدِيْهِمْ وَاَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Yauma tasyhadu ‘alaihim alsinatuhum wa aidīhim wa arjuluhum bimā kānū ya‘malūn(a).

pada hari (ketika) lidah, tangan, dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. (QS An-Nur Ayat 24)

Imam Al Ghazali menerangkan, anggota badan manusia akan bersaksi menyampaikan segala yang telah diperbuatnya kelak di Padang Mahsyar. Maka jagalah baik-baik seluruh anggota badan agar tidak melakukan maksiat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement