Selasa 26 Mar 2024 14:00 WIB

Rajin Ibadah Tapi Disiksa, 6 Golongan yang Disebut Nabi Muhammad Pasti Celaka

Allah memperingatkan ada enam golongan orang celaka.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi tokoh berfoto di Pondok Modern Tazakka. Sehari-hari, KH Anang Rikza Masyhadi mengasuh para santri di pesantren tersebut.
Foto:

Keenam,  betapa banyak orang sehat, celaka karena kesehatannya

Jangan sampai karena sehat seseorang berbuat maksiat. Berbuat maksiat kalau dilakukan dengan fisik yang sehat maka maksiatnya akan semakin sempurna.

Berbeda dengan orang sakit, ketika dia berbuat maksiat, dia tidak leluasa seperti orang sehat. Maka hati-hati orang yang sehat, ingat kesehatan itu adalah nikmat dari Allah SWT dan ujian dari Allah SWT. Jangan sampai dia tergelincir dengan kesehatannya itu. 

Kiai Anang menegaskan, itulah enam golongan orang yang celaka yang disindir oleh Allah SWT dan disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Kemudian Nabi Muhammad SAW menyampaikan ke umatnya.

Kalau Allah mau anugerahkan kita menjadi orang yang ahli ibadah, mudah-mudahan kita selamat dengan ibadah kita itu. Kalau Allah menganugerahkan kepada kita ilmu, semoga kita selamat dengan ilmunya itu. 

Andaikata Allah masih menguji kita dengan keterbatasan ilmu atau kebodohan, semoga kebodohan itu tidak menjerumuskan kita. Kalau Allah menganugerahkan kepada kita nikmat harta dan kekayaan, semoga itu tidak membuat kita jauh dari Allah dan Rasul-Nya.

Sebaliknya, kalaupun pada saat ini Allah memberi kita rezeki berupa kefakiran, ujian kefakiran dan menjadi orang miskin, mudah-mudahan tidak membuat kita menjadi kufur dan kafir.

 

Seandainya Allah memberikan nikmat sehat, mudah-mudahan nikmat sehat ini bisa kita gunakan dengan sebaik-baiknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement