Senin 25 Mar 2024 21:12 WIB

Sahabat Nabi SAW Ini Punya Ratusan Anak Keturunan, Ini Rahasianya

Anas bin Malik dikaruniai lebih dari seratus keturunan

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Sahabat Nabi SAW. Anas bin Malik dikaruniai lebih dari seratus keturunan
Foto: MgIt03
Ilustrasi Sahabat Nabi SAW. Anas bin Malik dikaruniai lebih dari seratus keturunan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Umat Muslim tentu mengenal Anas bin Malik RA, sahabat Rasulullah SAW yang juga pelayan setia beliau.

Anas adalah salah satu dari tujuh sahabat Nabi SAW yang paling banyak meriwayatkan hadits Nabi. Total ada lebih dari 2.286 hadits yang dia riwayatkan dari Rasulullah SAW.

Baca Juga

Dr Sufyan bin Fuad Baswedan MA dalam buku "Ibunda Para Ulama", menjelaskan, Anas bin Malik adalah sahabat terakhir yang wafat di Basrah setelah berumur lebih dari 100 tahun.  

Anas bin Malik juga telah "meluluskan" ulama-ulama hebat dalam sejarah. Di antaranya Hasan Al-Basri, Ibnu Sirin, Asy-Sya'bi, Abu Qilabah, Makhul, Umar bin Abdul Aziz, Tsabit al-Bunany, Ibnu Syihab Az-Zuhri, Qatadah As-Sadusy, dan beberapa nama lainnya. 

 Sejak pertemuan pertama dengan Rasulullah, Anas langsung jadi orang terdekat beliau. Dia tidak sekadar menjadi pelayan setia Rasulullah SAW. Dia seolah menjadi asisten pribadi Rasulullah SAW.

"Sebagai asisten pribadi, pastilah Rasulullah SAW mengkhususkan Anas dalam masalah-masalah tertentu yang tak diketahui sahabat lainnya," jelas Sufyan.

Dijelaskan pula, Anas adalah sahabat yang beruntung berkat doa Rasulullah SAW. Beliau SAW pernah berdoa untuk Anas bin Malik RA, "Ya Allah, perbanyaklah harta dan keturunannya, serta panjangkanlah usianya."

Berbekal doa tersebut, Anas memiliki sejumlah keistimewaan. Antara lain usia yang panjang, anak yang banyak, harta yang melimpah dan ilmu yang luas. 

Konon usia Anas bin Malik mencapai 103 tahun dan anak keturunannya mencapai ratusan orang.

"Bahkan menurut penuturan salah seorang putrinya yang bernama Umainah, bahwa sejak ayahnya berketurunan sampai setibanya Hajjaj bin Yusuf di Basrah, sudah 129 orang dari anak cucunya yang dimakamkan," demikian pemaparan Sufyan bin Fuad Baswedan.

Anas bin Malik juga memiliki sebuah kebun yang menghasilkan buah-buahan dua kali dalam setahun, padahal kebun lain hanya sekali dalam setahun. Kebun tersebut bahkan menebarkan aroma kesturi yang semerbak.

Suatu ketika, salah satu murid terdekatnya yang bernama Tsabit Al-Bunany menceritakan tentang seseorang yang hendak menaksir tanah milik Anas. Orang itu bertanya, "Apakah tanah tuan mengalami kekeringan?"

Setelah itu, tanpa banyak bicara, Anas bin Malik segera melangkahkan kakinya menuju sebuah tanah lapang untuk sholat. Lalu mengangkat kedua tangannya sembari berdoa kepada Allah. Seketika itu datanglah awan yang menyelimuti tanahnya. Sesaat kemudian hujan pun turun dengan derasnya hingga oase Anas penuh dengan air. Padahal saat itu adalah musim kemarau.

Anas kemudian mengutus salah seorang keluarganya untuk mengecek sampai di manakah lokasi yang terkena hujan tadi. Ternyata hujan tersebut hampir tak melebihi tanah miliknya saja.

"Jelas ini merupakan karamah Allah SWT bagi Anas. Dan kisah ini benar adanya karena diriwayatkan dari dua jalur yang berbeda dan keduanya shahih, sebagaimana yang dinyatakan oleh adz-Dzahabi dalam Siyar-nya," papar Sufyan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement