Senin 25 Mar 2024 09:25 WIB

Tanda-Tanda Akhir Zaman yang Sudah, Sedang, dan akan Terjadi

Meski demikian, tidak ada yang mengetahui kapan kiamat terjadi.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Hari Kiamat (Ilustrasi)

“Tidak akan terjadi hari kiamat, sebelum harta kekayaan telah tertumpuk dan melimpah ruah, hingga seorang laki-laki pergi ke mana-mana sambil membawa harta zakatnya, tetapi dia tidak mendapatkan seorang pun yang bersedia menerima zakatnya itu. Dan, sehingga tanah Arab menjadi subur makmur kembali dengan padang-padang rumput dan sungai-sungai.” (HR Muslim).

3. Sungai Eufrat Menyingkap Gunung Emas

Dari Abu Hurairah RA  Rasulullah SAW bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi sampai Sungai Eufrat mengering sehingga muncullah gunung emas. Manusia pun saling bunuh untuk memperebutkannya. Dari setiap seratus orang (yang memperebutkannya), terbunuhlah 99 orang. Setiap orang dari mereka mengatakan, ‘Mudah-mudahan akulah orang yang selamat'.” (HR Muslim).

4. Munculnya Pria dari Bani Qahthan

Salah satu tanda Hari Kiamat juga munculnya seorang pria dari Bani Qahthan yang akan dipatuhi umat manusia. Ini akan terjadi ketika zaman mulai berubah. Namun, sampai saat ini pria tersebut belum muncul.

Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Hari Kiamat belum akan terjadi sampai seorang pria dari Bani Qahthan yang menggiring manusia dengan tongkatnya muncul.” (HR  Bukhari dan Muslim).

5. Memerangi Orang Yahudi

Memerangi kaum Yahudi merupakan salah satu tanda kiamat yang belum terjadi sampai saat ini. Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Kiamat tidak akan terjadi sehingga kaum Muslimin memerangi Yahudi, lalu kaum Muslimin akan membunuh mereka sampai-sampai setiap orang Yahudi bersembunyi di balik batu dan pohon, tetapi batu dan pohon itu berkata, 'Wahai Muslim, wahai hamba Allah, ada orang Yahudi di belakangku, kemarilah dan bunuhlah dia'. Kecuali (pohon) gharqad karena ia adalah pohon Yahudi.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement