Senin 25 Mar 2024 09:25 WIB

Tanda-Tanda Akhir Zaman yang Sudah, Sedang, dan akan Terjadi

Meski demikian, tidak ada yang mengetahui kapan kiamat terjadi.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Hari Kiamat (Ilustrasi)

7. Menyemir Rambut dengan Warna Hitam

Dari Ibnu Abbas ra, bahwa Rasulullah saw, bersabda, "Pada akhir zaman, akan ada suatu kaum yang mengecat (rambut mereka) dengan warna hitam seperti merpati, Mereka tidak akan mencium bau surga." (HR Ahmad), Kemudian, Rasulullah bersabda, "Jauhilah oleh kalian warna hitam." (HR Muslim).

Kenyataan ini telah menyebar di tengah-tengah masyarakat muslim, bahkan sangar banyak. Sebagian ulama ada yang mengharamkannya dan sebagian yang lain mengatakan bahwa hal itu makruh atau tidak disukai karena pengecatan rambut dengan warna hitam merupakan sebagian dari tanda kiamat.

Tanda-Tanda Kiamat yang Belum Terjadi

1. Melimpahnya Harta Benda

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Kiamat tidak akan terjadi hingga banyak harta di antara kalian, bahkan melimpah sehingga pemilik harta itu bingung siapa yang akan menerima sedekahnya. Maka, dipanggillah seseorang kepadanya, tetapi ia mengatakan, aku tidak membutuhkannya." (HR Bukhari).

Sampai sekarang belum diketahui bahwa harta telah melimpah dan manusia menolak untuk mengambil zakat, kecuali pada masa pemerintahan Umar bin Abdul Aziz. Ketika itu, orang-orang yang dikirim ke Afrika, kembali masih membawa harta mereka karena di sana mereka tidak mendapatkan orang yang mau mengambil zakat mereka disebabkan melimpahnya harta. Kejadian ini hanya berlangsung selama dua tahun. Akan tetapi, di akhir zaman dan setelah terbitnya matahari dari barat nanti, harta akan makin melimpah.

2. Tanah Arab Kembali Hijau

Jazirah Arab tidak lagi gersang, tetapi akan banyak tumbuhan hijau dan sungai. Dijelaskan dalam hadits dari Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement