Senin 25 Mar 2024 09:25 WIB

Tanda-Tanda Akhir Zaman yang Sudah, Sedang, dan akan Terjadi

Meski demikian, tidak ada yang mengetahui kapan kiamat terjadi.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Hari Kiamat (Ilustrasi)

2. Banyak Umat Memerangi Umat Islam

Dari Tsauban r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Beberapa umat akan mengerumuni kalian sebagaimana makanan yang berada pada piringnya." Seseorang bertanya, "Apakah karena pada waktu itu jumlah kita hanya sedikit?" Beliau menjawab, "Bahkan, pada waktu itu kalian lebih banyak, tetapi kalian bagaikan buih yang terbawa arus. Dan, sungguh Allah akan mencabut wibawa kalian dari hati musuh kalian dan Dia akan menanamkan al-wahn (kelemahan) di hati kalian." Seseorang bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah al-wahn itu?" Beliau menjawab, "Cinta dunia dan benci atau takut terhadap kematian." (HR Abu Daud, Ibnu Asakir, dan Ahmad)

Apa yang disampaikan oleh Rasulullah saw. tersebut telah terjadi lebih dari satu kali dalam sejarah kaum muslimin, yaitu ketika pemerintahan Abbasiyah yang tengah berkuasa. Namun, para khalifahnya condong pada duniawi dan kenikmatannya sehingga mudah dikalahkan oleh orang-orang Tartar. Baghdad pun jatuh ke tangan mereka (Tartar) dan peperangan itu menewaskan hampir satu juta kaum muslimin yang ada di Bagdad.

Tanda-Tanda Kiamat yang Sedang Terjadi

1. Banyak Pembunuhan

Dari Abu Musa Al Asy’ari bahwa Nabi saw bersabda: "Sungguh, menjelang kiamat akan terjadi al-haraj. Mereka bertanya, "Apa itu al-haraj?" Beliau menjawab, "Pembunuhan, tetapi bukan pembunuhan kalian terhadap orang-orang musyrik, melainkan sebagian kalian membunuh sebagian yang lain sehingga seseorang akan membunuh tetangganya, saudaranya, pamannya, dan anak pamannya (sepupunya)." Mereka berkata, "Apakah saat itu kita masih punya akal?" Beliau menjawab, akal orang-orang pada waktu itu akan dicabut dan digantikan dengan akal manusia yang tidak genap. Sebagian besar mereka mengira bahwa mereka berkuasa atas sesuatu, dan bukan sesuatu yang lain." (HR Ahmad)

2. Banyak Orang Berkhianat

Dari anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah saw bersabda: “Di antara tanda-tanda kiamat adalah munculnya kejahatan, kekikiran, pemutusan hubungan persaudaraan, dikhianatinya orang yang jujur, dan diamanatinya orang yang khianat.”

3. Berlomba-lomba Memperkaya Diri

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Akan datang kepada manusia suatu zaman di mana seorang mukmin tidak memerhatikan lagi apa yang telah usahakan, apakah dengan cara yang halal atau haram." (HR Ahmad)

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement