Ahad 24 Mar 2024 11:25 WIB

Rahasia Rezeki dan Kegigihan yang Disadari Saudagar Muslim Era Generasi Tabiin

Betapa luasnya rezeki yang diberikan Allah SWT kepada makhluk ciptaan-Nya.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Burung kangkareng perut putih (Anthraceros albirotris) terbang mencari makan di pohon gebang kawasan Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (3/8/2023).
Foto:

Keputusan yang diambil Ibrahim kemudian diketahui oleh Abu Bakar Asy Syibli atau Dalfu bin Jahdar Asy Syibli. Asy Syibli merupakan tokoh makrifat yang terkenal dengan doa-doanya. Isi munajat dan permohonan ampun dari Asy Syibli ditulis oleh Syekh Nawawi Al Bantani dalam kitabnya, Nashaih Al-Ibad.

Setelah mengetahui keputusan yang diambil oleh Ibrahim bin Adham yang menghentikan kegiatan perdagangannya, Asy Syibli mendatanginya. Asy Syibli berkata:

 ماذا حدث لتترك تجارتك وتجلس في بيتك هكذا؟

"Apa yang terjadi pada dirimu sampai berhenti dagang dan duduk di rumah seperti ini?"

Lalu Ibrahim bin Adham menceritakan apa yang terjadi pada seekor burung, yang dilihatnya di tengah perjalanan dagang. Mendengar cerita itu, Asy Syibli berkata:

يا إبراهيم، لم اخترت أن تكون الطائر الضعيف ولم تختر أن تكون من يطعمه؟

"Wahai Ibrahim, mengapa kamu memilih menjadi burung yang lemah dan bukan (burung) yang memberi makan?"

Asy Syibli juga pernah menyebutkan satu hadits, yang jika diamalkan hadits tersebut, maka sudah cukup dalam hidup seseorang. Berikut haditsnya:

 اعمل لدنياك بقدر مقامك فيها واعمل لاخرتك بقدر بقائك فيها واعمل لله بقدر حاجتك اليه واعمل للنار بقدر صبرك عليها

"Bekerjalah untuk duniamu sekadar mana engkau akan tinggal di dalamnya. Dan beramallah untuk akhiratmu sekadar mana engkau akan berada di sana. Dan beramallah karena Allah ta'ala, sekadar mana engkau berhajat kepada-Nya. Dan buatlah amalan yang akan memasukkan engkau ke dalam api neraka, sekadar mana engkau sabar menahan siksaannya." (Hadits ini tercantum dalam Ayyuhal Walad karya Imam Ghazali)

Sumber: Al Watan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement