Ahad 24 Mar 2024 21:05 WIB

7 Keberkahan Sholat Subuh Berjamaah yang tidak Dimiliki Sholat Fardhu Lain

Allah mengetahui waktu Subuh adalah waktu yang sulit.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Seorang jamaah Muslim menghadiri sholat subuh di sebuah masjid, di Rawalpindi, Pakistan. Selasa, 21 April 2020.
Foto:

4. Salah satu sebab masuk surga

Dari Umarah Radhiallahu ‘anhu berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam bersabda, ‘Tidak akan masuk Neraka seorang yang shalat sebelum terbitnya matahari (Subuh) dan terbenamnya matahari (Ashar).”(HR. Muslim)

5. Bisa melihat Allah di hari Kiamat

Dari Jarir Bin Abdullah Al-Bajali Radhiallahu ‘anhu berkata, “Kami pernah duduk bersama Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, kemudian beliau melihat ke bulan di malam purnama itu, Rasulullah bersabda, “Ketahuilah bahwa sesungguhnya kalian akan melihat kepada Rabb kalian sebagaimana kalian melihat kepada bulan ini. Kalian tidak terhalangi melihatnya. Bila kalian mampu untuk tidak meninggalkan sholat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, maka lakukanlah!” (HR. Bukhari-Muslim)

6. Keistimewaan sholat subuh berjamaah terletak pada pahalanya

Diriwayatkan Muslim dari Utsman bin Affan RA berkata; Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang sholat Isya` berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barang siapa yang sholat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah sholat seluruh malamnya.” (HR. Muslim).

7. Lebih baik dari dunia dan seisinya

“Dua rakaat (sholat  Sunah) Subuh lebih baik daripada dunia dan segala isinya.” (HR. Muslim dari Ummul Mukminin Aisyah Radhiallahu ‘anha)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement