Sabtu 23 Mar 2024 20:45 WIB

Tujuh Anggota Tubuh Ini Harus Dijaga dari Perbuatan Maksiat dan Dosa

Imam Al Ghazali menjelaskan bahwa manusia akan dimintai pertanggungjawaban.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Dok. Freepik
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad al-Ghazali atau yang lebih dikenal sebagai Imam Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah menjelaskan bahwa seluruh anggota badan manusia harus dijaga agar tidak berbuat maksiat. Khususnya tujuh anggota badan di antaranya mata, telinga, lidah, perut, kemaluan, tangan, dan kaki.

Tujuh Anggota Tubuh Harus Dijaga dari Maksiat

Pertama, menjaga mata dari empat perkara. Yakni menjaga mata dari melihat perempuan yang bukan muhrim. Menjaga mata dari melihat gambar-gambar yang membangkitkan syahwat. Menjaga mata dari melihat orang lain dengan pandangan menghina. Menjaga mata dari melihat aib orang lain.

Baca Juga

Kedua, menjaga telinga dari mendengar perkara bidah, perkataan jahat, perkataan yang sia-sia, dan perkataan yang menyebut-nyebut kejahatan orang lain. Artinya jangan menyalahgunakan nikmat bisa mendengar dengan mendengarkan kemaksiatan.

Ketiga, menjaga lidah dari delapan penyakit lidah. Yakni menjaga lidah agar tidak berkata bohong. Menjaga lidah agar tidak membuat janji tapi mengingkari janji. Menjaga lidah agar tidak ghibah atau mengumpat. Menjaga lidah agar tidak digunakan untuk bertengkar dan membantah perkataan orang lain.

Menjaga lidah agar tidak digunakan untuk memuji diri sendiri. Menjaga lidah agar tidak digunakan untuk melaknat makhluk Allah. Menjaga lidah agar tidak digunakan untuk mengucapkan doa supaya orang lain celaka. Menjaga lidah agar tidak digunakan untuk mengolok-olok dan mengejek orang lain.

Selanjutnya, menjaga perut...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement