Sabtu 23 Mar 2024 20:55 WIB

Tiga Hal yang Membuat Nabi Ibrahim Menjadi Kekasih Allah SWT

Nabi Ibrahim sering mencari orang yang bisa diajak makan bersama di rumahnya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tiga golongan berada dalam naungan Allah di bawah Arsy-Nya pada hari tidak ada lagi naungan, kecuali naungan-Nya, yaitu orang yang tetap berwudhu meskipun dalam keadaan dingin, orang yang tetap pergi ke masjid meskipun dalam keadaan gelap, dan orang yang memberi makan kepada orang yang lapar."

Untuk diketahui, yang dimaksud dengan hari tidak ada lagi naungan kecuali naungan Allah SWT adalah hari kiamat. Dilansir dari kitab Nashaihul Ibad yang diterjemahkan Abu Mujaddidul Islam Mafa dan diterbitkan Gitamedia Press, 2008.

Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Banteni dalam kitab 77 Cabang Keimanan juga menyampaikan bahwa mencintai Allah termasuk satu dari 77 cabang iman.

Mengenai mencintai Allah, Imam Sahal menggambarkannya seperti ini, "Tanda mencintai Allah adalah mencintai Alquran. Tanda mencintai Allah dan Alquran adalah mencintai Nabi Muhammad SAW. Tanda mencintai Nabi Muhammad SAW adalah mencintai sunah (ucapan, tingkah laku, dan sikap) Nabi Muhammad SAW. Tanda mencintai sunah adalah mencintai akhirat. Tanda mencintai akhirat adalah membenci dunia (pujian orang, penampilan, kemewahan dan lainnya). Tanda membenci dunia adalah tidak mempergunakan harta benda dunia kecuali sebagai bekal menuju akhirat."

photo
Infografis 5 Pertanyaan yang akan Ditanyakan pada Hari Kiamat. Ilustrasi Allah - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement