Kamis 21 Mar 2024 15:08 WIB

Hikmah Allah Menciptakan Air

Air merupakan karunia yang diberikan Allah SWT kepada seluruh makhluknya.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Pengunjung Hermann air di objek wisata air terjun Kulukubuk, Desa Madobag, Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.
Foto:

Allah SWT menciptakan kelezatan tersendiri saat minum. Sehingga peminumnya merasakan kenikmatan dan kelegaan yang tak terhingga.

Selain itu, air diciptakan juga sebagai fungsi penghapus daki-daki di tubuh atau kotoran pada pakaian. Dan dengan air tanah menjadi basah sehingga menyuburkan tanah untuk ditanami berbagai tanaman. Air pula bergungsi memadamkan bara api.

Al-Ghazali mengatakan dengan melimpahnya air di dunia ini, Allah bermaksud memakmurkan dunia beserta seluruh isinya. Allah ingin air memberikan manfaat kepada seluruh makhluk.

Allah SWT pun telah memberitahu tentang untuk air diciptakan berdasarkan Surat al-Anbiya' ayat 30 yang berbunyi:

اَوَلَمْ يَرَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اَنَّ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنٰهُمَاۗ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاۤءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّۗ اَفَلَا يُؤْمِنُوْنَ

Awalam yaral-lażīna kafarū annas-samāwāti wal-arḍa kānatā ratqan fa fataqnāhumā, wa ja‘alnā minal-mā'i kulla syai'in ḥayy(in), afalā yu'minūn(a).

Artinya: "Apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi, keduanya, dahulu menyatu, kemudian Kami memisahkan keduanya dan Kami menjadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air? Maka, tidakkah mereka beriman?"

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement