Ahad 17 Mar 2024 20:15 WIB

Pengelolaan Air dan Penanggulangan Banjir dalam Peradaban Islam

Peradaban Islam berkontribusi dalam penanganan air.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi Basrah, Kota yang Dibangun Peradaban Islam
Foto: wikipedia
Ilustrasi Basrah, Kota yang Dibangun Peradaban Islam

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Dalam sejarah peradaban Islam, umat Islam telah memberikan kontribusi yang besar terkait pengelolaan air. Mereka mulai menyadari pentingnya pengelolaan air sejak era Nabi (610-632 M) dan Khulafaur Rasyidin (632-661 M). 

Namun, yang berkaitan dengan pengelolaan air untuk menanggulangi banjir bisa dilihat sejak era Dinasti Bani Umayyah (661-750 M). Dalam makalahnya di Muslimheritage, Marwan Haddad mengungkapkan bahwa Bani Umayyah membangun bendungan di sungai dan lembah, serta membangun saluran dan jaringan pengalihan air. 

Baca Juga

Pada masa pemerintahan Dinasti Bani Umayyah ini, mereka membangun bendungan dan waduk air di Kufah dan menggunakan Laut Najaf untuk tujuan ini guna meringankan beban banjir. Dengan keterbatasan sumber daya yang tersedia pada saat itu, Khalifah Abdul Malik bin Marwan juga berusaha menghitung jumlah atau besarnya hujan.  

Pada masa Khalifah Hisyam bin Abdul Malik, proyek perluasan saluran irigasi jarak jauh pun dimulai, termasuk waduk penyimpanan besar. Maroko yang lebih besar (yang terbentang dari Tunisia hingga Maroko) belum pernah menyaksikan proyek semacam itu sebelum era Umayyah.

Pasokan air selalu menjadi masalah untuk bercocok tanam sepanjang Hijaz, dan kurangnya curah hujan telah memastikan bahwa setiap lahan budidaya berada di daerah dengan air tanah yang cukup. Untuk mendapatkan atau mencapai air tersebut tidaklah mudah, diperlukan sumur yang dalam. 

Bendungan pun diperintahkan untuk dibangun di Hijaz oleh Khalifah Muawiyah bin Sufyan. Tujuan utama pembangunan bendungan adalah untuk mencegah banjir bandang. Sedangkan tujuan sekundernya adalah untuk kepentingan pertanian maupun peternakan. 

Lalu pada era Dinasti Abbasiyah (750-1258 M), menurut Marwan Haddad, pemerintahan Dinasti Abbasiyah melakukan ekspansi pertanian untuk mengolah semua ruang yang tersedia di Irak dan memasok air ke kota-kota besar. Menurut dia, skema irigasi dan saluran air serta jaringan yang dibangun pada masa pemerintahan Khalifah Islam Abbasiyah masih mengesankan para insinyur air modern. 

Bagdad, ibu kota Kekhalifahan Abbasiyah, merupakan pusat pembelajaran dan kebudayaan. Ada beberapa kanal pemasok air di Baghdad yang melewati jalan-jalan kecil dan pinggiran kota, mengalir dengan lancar di musim panas dan musim dingin. Diantaranya terdapat empat kanal utama yang mengarah ke sekitar Bagdad, yaitu Nahr Isa, Nahr al-Malik, Nahr Sarsar dan Nahr Sarat. 

Di bawah Kekhalifahan Abbasiyah, Kanal Nahrawan di kota Jisr al-Nahrawan dekat Bagdad merupakan sistem irigasi utama, di sepanjang tepi timur Sungai Tigris dan hilir Sungai Diyala.

Dengan perluasan waduk dan bendungan air, Bani Abbasiyah juga menciptakan sebuah biro pengelolaan air, yang mereka sebut Diwan al-Aqrah (artinya Departemen Air). 

Sementara, pada Dinasti Andalusia (711-1492 M), telah banyak bendungan kecil dibangun di Sungai Turia sepanjang 150 mil, yang mengalir ke Mediterania di Valencia. Delapan dari bendungan ini tersebar di enam mil sungai di Valencia dan melayani sistem irigasi lokal. 

Karena desain dan metode konstruksinya yang aman, serta pondasi yang dalam dan kokoh, bendungan Turia mampu bertahan dalam kondisi banjir yang berbahaya selama 1000 tahun.

Di wilayah stepa, orang-orang Arab Abad Pertengahan menunjukkan keahlian teknis dalam pengumpulan dan penyimpanan air limpasan. Banyak bendungan pengalihan kecil yang dibangun di anak sungai Oued Meguellil, Cekungan Aghlabides yang terkenal direalisasikan pada tahun 862, seluas 11.000 m 2 dan memiliki kapasitas penuh 63.000 m 3.

Pembangunan bendungan yang dibangun di sungai oleh kaum Arab Muslim di Andalusia meninggalkan dampak yang besar dan menciptakan ledakan pertanian di Spanyol. Hill mencatat bahwa beberapa bendungan air yang dibangun oleh Muslim Arab di Spanyol saat ini mungkin tampak kecil, namun bendungan tersebut telah terbukti sangat praktis untuk menyediakan irigasi dan kebutuhan air minum. Contoh sistem tersebut ada di wilayah Valencia hingga saat ini.

Di Spanyol, terdapat sejumlah bendungan yang menggambarkan kepiawaian umat Islam dalam metode pembangunannya, antara lain Bendungan Cordoba, Bendungan Sungai Segura, Bendungan Sungai Turia, dan lain-lain. Di dalamnya mereka memperkenalkan teknik pembangunan bendungan termasuk gerbang pengatur ketinggian air, dan saluran yang mengalirkan lumpur dari dasar bendungan, dan hal ini pada saat itu hanya dapat digambarkan sebagai “inovasi Islami.”

Pembangunan bendungan di Spanyol Muslim sangat produktif. Di kota Cordoba, di sungai Guadalquivir dapat ditemukan bendungan Islam tertua yang masih ada di negara tersebut. Menurut ahli geografi abad ke-12 al-Idrisi, bangunan itu dibangun dari batu ibtiyya dan dilengkapi pilar marmer. 

Bendungan ini mengikuti jalur zigzag melintasi sungai, suatu bentuk yang menunjukkan bahwa pembangunnya sedang membidik puncak yang panjang untuk meningkatkan kapasitas luapannya.

Insinyur Abdullah bin Yunus antara tahun 484 dan 546 Hijriah menciptakan sistem air baru untuk mengambil air dari sumur air tanah yang dibor di tempat-tempat terpencil di dataran tinggi ke kota Marrakesh menggunakan saluran bawah tanah. Air mengalir di saluran secara gravitasi. Sistem saluran ini disebut Al-Khatara. Sistem kanal bawah tanah yang jumlahnya sekitar tiga ratus lima puluh kanal dan masing-masing panjangnya sekitar lima kilometer masih ada di kota Marrakesh.

Selanjutnya, pada masa pemerintahan kekhalifahan Ottoman (1517-1923 M), pasokan air juga dirawat dengan baik, bendungan, waduk, sumur, waduk, dan kolam dibangun untuk menampung air. Bendungan akan membantu melindungi masyarakat Muslim dari bencana banjir. Bendungan dapat membantu menahan air saat air mengalir dengan kuat, sehingga meminimalkan risiko banjir dan kerusakan lingkungan

Baba dkk 2018 mengungkapkan bahwa pada masa Ottoman (abad 13-20) beberapa bendungan dibangun. Pada periode 1620 hingga 1839, sistem Kırkçeşme didukung oleh empat bendungan, sistem Taksim oleh tiga bendungan, dengan ketinggian hingga 17 meter dan panjang puncak hingga 104 meter.

Semua bendungan ini, sistem Kırkçeşme dan Taksim serta sistem Taşlımüsellim-Edirne sebagian besar masih beroperasi. Bendungan Elmalı I, yang dibangun pada tahun 1893 di sisi Asia Istanbul, juga masih beroperasi; Şamlar di Istanbul, Maden dekat Adapazarı, dan Semalı dekat Amasya adalah bendungan menarik lainnya pada masa Ottoman. Bendungan Ottoman dibentuk oleh dua dinding batu dengan lapisan kedap air di antara keduanya. Spillways tidak ada di bendungan. Puncak dan hilir bendungan dilapisi marmer.

Pemerintahan Ottoman juga membangun Bendungan Irara pada abad ke-17 di Wadi Ziz. Dengan panjang 1701 m dan tinggi 10 m, dibangun bertingkat dengan penopang dan pasangan bata kapur. Karyanya yang monumental, merupakan mahakarya hidrolika banjir yang menjadi tempat lahirnya wilayah Tafilalet. 

Pemerintahan Ottoman mengadopsi teknik qanat air yang lebih tua, memperkenalkan kembali saluran air skala besar untuk memasok air yang cukup bagi kota-kota mereka yang sedang berkembang untuk keperluan keagamaan dan sosial serta untuk minum. 

Pengalaman dan pengetahuan nenek moyang umat Islam masih dapat berperan penting dalam penyediaan air berkelanjutan baik di negara maju maupun berkembang, baik saat ini maupun di masa depan. Teknologi saluran air atau qanat dicirikan oleh ketahanan dan keberlanjutannya dan masih digunakan di beberapa belahan dunia.

Perlu diketahui bahwa sistem qanat disebut saluran air di Eropa, qanat di Iran, faggora  di Aljazair, khattara di Maroko, kariga  di Tunisia,  sahreej di Yaman, falaj di Uni Emirat Arab dan Oman, dan Kariz di Asia Tengah.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement