Sabtu 09 Mar 2024 00:05 WIB

Tangan Kiri Firaun Terangkat Sendiri Saat Gulungan Mumi Dibuka

Tenggelamnya Firaun Ramses II adalah bukti kemenangan kebenaran.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Sphinx Firaun Ramses II
Foto:

Kemudian, dimakamkan di makam ayahnya, Seti I, bersama jenazah lain yang merupakan raja Firaun. Proses ini terjadi pada hari ke-15 bulan ketiga tahun ke-24 pemerintahan Ramses XI.

Ramses XI adalah Firaun pada kerajaan ke-20 dan memerintah selama 27 tahun. Di tahun terakhir itulah, jenazah Ramses II dibungkus kembali dan dimakamkan. Ini terjadi pada tahun 1089 SM, 127 tahun setelah kematiannya. Namun, perusakan makam kerajaan Firaun tidak berhenti.

Di era kerajaan ke-21, ketika pendeta tinggi Amun, Benudjim II, meninggal dunia, rekan-rekan pendetanya memutuskan untuk berhenti mengutak-atik jenazah para firaun. Mereka pun mengumpulkan seluruh jenazah dan menggunakan pemakaman pendeta tinggi itu sebagai kedok.

Semua jenazah dimakamkan di makam Ratu Inhabi di Deir El-Bahari, yang sebelumnya telah diperluas. Kemudian, makam tersebut ditutup. Ini terjadi pada tahun ke-10 pemerintahan Raja Seyamon pada tahun 969 SM.

Pintu masuk yang mengarah ke makam ditutup. Penanda di sekitarnya dihilangkan sehingga tidak bisa ditemukan oleh para pencuri. Dengan demikian, makam baru ini tetap aman dari gangguan pencuri.

Selama lebih dari 2.800 tahun, tempat itu benar-benar terlupakan, dan biasa disebut Deir El Bahari Cache atau Khabiah El Deir El Bahari. Ini berisi semua mumi, termasuk mumi Ramses II atau Firaun yang tenggelam saat mengejar Nabi Musa AS dan pengikutnya.

Dengan demikian, bisa dikatakan, sebagian kecil dari mereka yang mengetahui tentang tenggelamnya Firaun adalah para abdi dalem dan pendeta. Meski pada akhirnya, perlakuan mereka bocor juga ke sebagian masyarakat.

Secara umum Ramses II mencapai usia yang sangat tua, yakni mencapai usia 90 tahun. Dia memerintah Mesir selama 67 tahun sehingga masyarakat tidak terkejut dengan kematiannya.

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement