Rabu 06 Mar 2024 17:38 WIB

Bukan Sekadar Hati Tenang, Ini Manfaat Mereka yang Mendengarkan Bacaan Alquran

Bacaan Alquran merupakan sebaik-baiknya bacaan yang berisikan pedoman hidup.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi membaca dan mendengarkan tilawah Alquran
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi membaca dan mendengarkan tilawah Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ternyata, orang yang mendapatkan pahala bukan hanya orang yang membaca Alquran saja, melainkan orang yang mendengarkan Alquran juga mendapatkan pahala dan rahmat dari Allah SWT. 

Mendengarkan Alquran dari orang lain memiliki banyak keutamaan dalam Islam, seperti mendapatkan pahala, peningkatan iman, dan mendengar tafsir atau pemahaman yang lebih dalam tentang ayat-ayat suci.

Baca Juga

Salah satu hadis mengatakan:

وعن ابن مسعودٍ - رَضِيَ الله عنه - ، قَالَ : قَالَ لي النبي - صلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - : (( اقْرَأْ عَلَيَّ القُرْآنَ )) فقلت : يا رسول الله ، أقرأ عَلَيْك ، وعليك أ أنزل ؟! قال : (( إني أحب ) أن أسمعه من . غَيْرِي )) فَقَرَأْتُ عَلَيْهِ سورة النساء ، حتى جنت إلى هذه الآية: ( فكيف إذا جتنا من : كل أمة : بشهيد وجننا بك على هؤلاء شهيداً ) . قال : (( حسبك الآن )) فالتفت إليه ، فَإِذَا عَيناه تذرفان . متفق عليه

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku, ‘Bacalah Alquran untukku.’ Aku berkata, ‘Wahai Rasulullah, aku bacakan untukmu, padahal Alquran diturunkan untukmu?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Aku sangat suka mendengarkannya dari selainku.’ Aku pun membacakan surah An-Nisaa’ sampai pada firman Allah (yang artinya), ‘Maka bagaimanakah (halnya orang kafir nanti), apabila Kami mendatangkan seorang saksi (rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu).’ (QS. An-Nisaa’: 41). Ia berkata, ‘Sekarang, cukup engkau baca.’ Lalu aku menoleh ke arah beliau dan ternyata kedua matanya sudah meneteskan air mata.” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, 8:250 dan Muslim, no. 800]

Ketika dibacakan Alquran kepada kita, maka hendaknya kita mencoba merasakan bahwa seakan-akan kita mendengarnya langsung dari Allah, dan menyadari bahwa bacaan tersebut adalah surat cinta dari Allah. 

Maka tatkala hal tersebut dapat kita wujudkan, niscaya hati kita akan dipenuhi dengan indahnya makna ayat-ayat tersebut. Kita juga bisa merasakan kelembutan dan keajaiban yang terkandung didalamnya.

Beberapa manfaat mendengarkan Alquran dari orang lain:

Pertama, mendapat rahmat Allah

Ini dijelaskan dalam firman-Nya yang berbunyi:

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ 

Apabila dibacakan Alquran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat." (QS Al-Araf 204).

Kedua, mendapat hidayah 

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:

قُلْ أُوحِيَ إِلَيَّ أَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌ مِّنَ الْجِنِّ فَقَالُوا إِنَّا سَمِعْنَا قُرْآنًا عَجَبًا , يَهْدِي إِلَى الرُّشْدِ فَآمَنَّا بِهِ ۖ وَلَن نُّشْرِكَ بِرَبِّنَا أَحَدًا

Katakanlah: ‘Telah diwahyukan kepadaku bahwasanya sekelompok jin mengatakan, ‘kami mendengarkan Alquran yang sangat menakjubkan yang memberi petunjuk kepada hidayah, maka kami pun beriman dengannya dan kami tidak akan mempersekutukan Tuhan kami dengan sesuatu apapun. (QS. Al-Jin: 1-2)

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement