Selasa 05 Mar 2024 16:00 WIB

Bahaya Waktu Kosong, Begini Penjelasannya

Memanfaatkan waktu luang agar hidup semakin bermanfaat.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi mengisi waktu luang.
Foto: www.freepik.com.
Ilustrasi mengisi waktu luang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perkembangan teknologi terus terjadi. Hampir setiap kegiatan memanfaatkan gadget untuk memudahkan setiap keperluannya. Tetapi, di sisi lain perkembangan teknologi ini juga memberikan dampak yang buruk bagi seseorang untuk melakukan hal-hal yang terlarang. 

Seperti melakukan bully melalui media sosial, kekerasan seksual berbasis online, menipu, dan lain sebagainya. Inilah yang bisa menghancurkan pribadi seseorang jika tidak bisa memanfaatkan teknologi dengan baik.

Baca Juga

Pendakwah Ismail al-Kholilie dalam ceramahnya menyebutkan 3 hal yang dapat menghancurkan pribadi manusia. Di antaranya orang yang masih muda, sedang dalam kondisi nganggur tidak mempunyai kesibukan yang bermanfaat, dan mempunyai banyak uang. 

Pengaruh buruk

Menurut Ismail, sikap-sikap tersebut bisa membawa pengaruh yang buruk dalam kondisi saat ini. Generasi Z lebih mudah melakukan hal-hal terlarang, melakukan maksiat, dan berbuat dosa jika orang tersebut tidak memiliki kesibukan yang bermanfaat.

 

Dengan demikian, sikap tersebut bisa mengacu pada kehancuran pribadi seseorang. Mereka akan susah untuk dibimbing ke jalan yang lebih baik, melakukan kegiatan terpuji, seperti menghafal Alquran, mengaji, mengikuti kajian Islami, dan lain-lain. 

Dunia mereka akan dihantui oleh kejahatan-kejahatan karena merasa tercukupi dengan uang yang dimilikinya.

Pemuda dan waktu kosong

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement