Rabu 13 Mar 2024 02:40 WIB

Kunci Kebahagiaan Dunia dan Akhirat, Begini Cara Dapatkannya

Kebahagiaan merupakan cita-cita semua makhluk.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Gus Iqdam.
Foto:

Dalam surat di atas dijelaskan bahwa Allah memerintahkan setiap umatnya untuk mencari rezeki dengan cara apapun asalkan halal dan sesuai syariat yang telah Allah tetapkan. Apalagi hingga menghalalkan segala cara untuk bisa mencuri harta orang lain, maka Allah akan menyiapkan siksa neraka.

Kedua, qanaah atau ridha dengan pemberian Allah SWT. 

Qanaah adalah sikap atau keadaan di mana seseorang merasa puas dan cukup dengan apa yang dimilikinya, tanpa terus-menerus menginginkan lebih banyak. Menumbuhkan sikap qonaah bisa dengan beberapa cara. Di antaranya bersyukur, menerima kenyataan, dan menetapkan prioritas dalam kehidupan. 

Sikap qanaah juga bisa menjadi kunci kebahagiaan manusia. Karena qanaah mengajarkan kita untuk merasa puas dengan apa yang kita miliki, tanpa terus-menerus mengejar keinginan yang tidak terbatas. Dengan demikian, kita bisa menemukan kebahagiaan dalam keterbatasan yang ada. 

Firman Allah SWT dalam Surat an-Nisa ayat 32, yang berbunyi:

وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللّٰهُ بِهٖ بَعْضَكُمْ عَلٰى بَعْضٍۗ لِلرِّجَالِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبُوْاۗوَلِلنِّسَاۤءِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبْنَۗ وَسْـَٔلُوا اللّٰهَ مِنْ فَضْلِهٖۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍعَلِيْمًا

Janganlah kamu berangan-angan (iri hati) terhadap apa yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. Bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala sesuatu. 

Ketiga, taat terhadap perintah Allah SWT.

Sebab, dengan ketaatan manusia, Allah akan memberikan segalanya sebagai balasan.  

Ketaatan kepada Allah merupakan pondasi utama dalam mencapai kebahagiaan yang hakiki dalam kehidupan. Ketaatan kepada Allah mencakup segala aspek kehidupan, mulai dari menjalankan ibadah secara konsisten hingga menjalankan nilai-nilai moral dan etika yang diajarkan-Nya.

Rasulullah SAW bersabda: 

Apa saja yang aku larang terhadap kalian, maka jauhilah. Dan apa saja yang aku perintahkan kepada kalian, maka kerjakanlah semampu kalian. Sesungguhnya apa yang membinasakan umat sebelum kalian hanyalah karena mereka banyak bertanya dan menyelisihi nabi-nabi mereka (tidak mau taat dan patuh)". (HR Bukhari dan Muslim).

Maka, ketaatan kepada Allah ini menjadi salah satu kunci kebahagiaan. Karena, jika seseorang mengerjakan setiap perintah Allah dan menjauhi setiap larangannya, Allah SWT menjanjikan surga dan kebahagian dalam hidupnya. 

 

Selain itu, dalam hidupnya akan diberikan kemudahan, rezeki yang cukup, dan hidup yang tenang tanpa merasakan gelisah atas kekurangannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement