Jumat 01 Mar 2024 17:46 WIB

Imam Al Ghazali Ungkap Rahasia dan Keutamaan Sholat Jumat

Hari Jumat disebut Imam Al Ghazali sebagai hari yang besar.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi wajah Imam Al-Ghazali.
Foto: ristu-hasriandi.blogspot.com
Ilustrasi wajah Imam Al-Ghazali.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Imam Al Ghazali bernama lengkap Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin menjelaskan rahasia dan keutamaan sholat Jumat.

Imam Al Ghazali dalam kitabnya mengatakan, ketahuilah bahwa hari Jumat merupakan hari besar yang disucikan. Allah SWT mengagungkan agama Islam dengan hari Jumat, dan mengkhususkan kesuciannya bagi kaum Muslim. Sebagaimana Allah SWT telah berfirman.

Baca Juga

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ 

 

Yā ayyuhal-lażīna āmanū iżā nūdiya liṣ-ṣalāti miy yaumil-jumu‘ati fas‘au ilā żikrillāhi wa żarul-bai‘(a), żālikum khairul lakum in kuntum ta‘lamūn(a).

Wahai orang-orang yang beriman, apabila (seruan)  untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat telah dikumandangkan, segeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS Al-Jumu‘ah Ayat 9)

Rasulullah SAW juga pernah bersabda, "Sungguh Allah Azza wa Jalla telah mewajibkan sholat Jumat kepada kalian pada hari ini, di tempatku berdiri saat ini."

Dalam hadits yang lain, Nabi Muhammad  juga pernah bersabda:

مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلَاثًا مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ طُبِعَ عَلَى قَلْبِهِ.

"Siapa saja yang meninggalkan perintah sholat Jumat tiga kali berturut-turut tanpa adanya udzur (halangan yang dibenarkan secara syar'i), maka Allah akan menutup pintu qalbunya." (HR Imam Ahmad)

Dalam riwayat yang lain juga disebutkan dengan redaksi:

نَبَذَ الْإِسْلَامَ وَرَاءَ ظَهْرِهِ.

"la (orang yang meninggalkan sholat Jumat itu) telah mencampakkan Islam di belakang punggungnya." (HR Imam Al-Baihaqi)

Di dalam sebuah riwayat dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu dari Nabi Muhammad SAW dikatakan sesungguhnya Rasulullah SAW pernah bersabda, "Malaikat Jibril Alaihissalam telah mendatangiku pada hari Jumat dengan membawa sebuah kaca (cermin) berwarna putih. Ia berkata kepadaku, hari ini (Jumat) telah ditetapkan oleh Rabbmu bagimu, dan juga bagi umatmu sebagai hari raya." 

Nabi Muhammad SAW bertanya kepada malaikat Jibril, "Keutamaan apa yang akan kami dapatkan pada hari ini (Jumat)?" 

Malaikat Jibril menjawab, "Engkau dan umatmu akan mendapatkan sebaik-baik waktu, yang bagi siapa berdoa (memohon) kebaikan di hari itu, niscaya ia akan mendapatkannya. Dengan kata lain, Allah SWT pasti memberikan kebaikan itu kepadanya. Atau, jika Allah SWT tidak memberikannya dalam waktu dekat, maka akan disimpan untuknya dengan balasan yang lebih besar daripada yang ia minta (dilipatgandakan)."

Malaikat Jibril melanjutkan, "Perlu engkau ketahui, bahwa di kalangan kami (para malaikat), hari Jumat merupakan hari yang paling utama. Serta di hari akhir nanti, kami menyebutnya sebagai hari penambahan kebaikan."

Nabi Muhammad SAW bertanya, "Mengapa demikian?" 

Malaikat Jibril menjawab, "Karena sesungguhnya, Rabbmu Yang Maha Perkasa lagi Maha Agung telah menciptakan sebuah lembah di surga, yang aromanya melebihi harumnya aroma kasturi putih, di mana pada hari Jumat Dia akan turun dari 'Illiyyin' di atas tahta-Nya, lalu muncul di hadapan para hamba-Nya yang Dia ridhai, hingga mereka bisa memandang wajah-Nya Yang Maha Mulia." (HR Imam At Thabrani)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement