Jumat 01 Mar 2024 07:27 WIB

7 Hadits Tentang Keistimewaan Hari Jumat dan Sholat Jumat

Umat Islam dianjurkan meningkatkan ibadah dan memperbanyak shalawat di hari Jumat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Umat Islam melaksanakan shalat Jumat pada bulan suci Ramadhan di pasar tekstil Tanah Abang di Jakarta.
Foto:

6. Menutup Hati Orang yang Meremehkan Sholat Jumat

Rasulullah SAW bersabda agar manusia tidak melalaikan shalat Jumat, atau Yang Mahakuasa akan menutup hati mereka dan tidak memperhatikannya sama sekali.

مَنْ تَرَكَ الجُمُعَةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ تَهَاوُنًا بِهَا طَبَعَ اللهُ عَلَى قَلْبِه

Artinya, “Siapa meninggalkan shalat Jumat tiga kali karena meremehkan, niscaya Allah menutup hatinya,” (HR At-Turmudzi, At-Thabarani, Ad-Daruquthni).

7. Anjuran Memperbanyak Shalawat di Hari Jumat

Dalam riwayat Aus bin Aus RA, dia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ فِيهِ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ فَقَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ تُعْرَضُ صَلَاتُنَا عَلَيْكَ وَقَدْ أَرِمْتَ يَعْنِي بَلِيتَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ حَرَّمَ عَلَى الْأَرْضِ أَنْ تَأْكُلَ أَجْسَادَ الْأَنْبِيَاءِ

"Sesungguhnya yang paling utama dari hari-hari kalian adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, sangkakala ditiup, dan manusia sadar dari pingsannya. Maka perbanyaklah bersholawat kepadaku pada hari Jumat, sebab sholawat kalian ditunjukkan kepadaku." Kemudian seorang lelaki bertanya, "Bagaimana caranya agar sholawat kami ditunjukkan kepadamu, padahal dirimu telah wafat?" Kemudian beliau SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah telah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi." (HR Ibnu Majah)

Itulah tujuh hadits tentang Hari Jumat atau Sholat Jumat. Untuk mendapatkan keberkahan hari Jumat dari Allah, tentunya seseorang harus menghadiri sholat Jumat sesuai yang ditentukan dan mengikuti apa yang boleh dan tidak dianjurkan oleh para ulama.

Semoga hadits-hadits di atas dapat bermanfaat bagi kita dalam meningkatkan keberkahan dan ketaatan kita pada Jumat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement