Kamis 29 Feb 2024 21:23 WIB

Api yang Muncul dari Tanah Hijaz akan Jadi Tanda Kiamat, Apakah Sudah Terjadi?

Allah SWT memberikan tanda-tanda kiamat

Hari Kiamat (ilustrasi). Allah SWT memberikan tanda-tanda kiamat
Foto: pulsk.com
Hari Kiamat (ilustrasi). Allah SWT memberikan tanda-tanda kiamat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Apakah fenomena api yang keluar dari tanah Hijaz dan menjadi salah satu tandai kiamat sudah terjadi? 

Sebelumnya, api yang muncul dari tanah Hijaz merupakan salah satu tanda kiamat. Hal ini sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW berikut ini: 

Baca Juga

حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ سَعِيدُ بْنُ الْمُسَيَّبِ أَخْبَرَنِي أَبُو هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَخْرُجَ نَارٌ مِنْ أَرْضِ الْحِجَازِ تُضِيءُ أَعْنَاقَ الْإِبِلِ بِبُصْرَى

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Abul yaman, telah mengabarkan kepada kami Syu'aib dari Az Zuhri, Sa'id bin Al Musayyab mengatakan, telah mengabarkan kepadaku Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Hari kiamat tidak akan tiba hingga api keluar dari tanah Hejaz yang bisa menyinari tengkuk unta di Bushra.” (HR Bukhari nomor 6585).

 

Ibnu Katsir dalam kitab An Nihayah Fitan wa Ahwal Akhir Az Zaman yang diterjemahkan Ansori Umar S dan Imron Hasan dalam Huru Hara Hari Kiamat yang diterbitkan Pustaka Al Kautsar pada 2002 menjelaskan bahwa Syekh Syihabuddin Abu Syamah seorang pakar hadits dan guru besar sejarah pada zamannya menyebutkan bahwa pada tahun 654 H hari Jumat 5 Jumadil Akhir muncul api di wilayah Madinah. 

Api itu melelehkan batu-batu karang bagaikan timah, dan akhirnya berubah menjadi seperti arang hitam. Cahaya api itu menerangi para musafir yang melakukan perjalanan di malam hari sampai ke Taima. Peristiwa itu berlangsung selama sebulan. 

“Berita itu masih tertanam dalam benak semua penduduk Madinah. Mereka membuat syair-syair berkenaan dengan kejadian itu,” (Huru Hara Hari Kiamat, penerbit Pustaka Al Kautsar, 2002, halaman 20).

Baca juga: Prasasti Ini Ungkap Kebenaran Alquran tentang Bangsa Samud, Aad, dan Iram

Sementara itu Shadruddin Ali bin Qasim Al Hanafi seorang hakim agung di Damaskus menceritakan dari ayahnya yaitu Syekh Shafiyuddin yang waktu itu menjadi guru besar Mazhab Hanafi di Bushra bahwa salah seorang Badui yang tinggal di sekitar kota Bushra melapor kepadanya pada pagi hari dan malam itu bahwa penduduk melihat leher-leher unta tampak menyala disinari api yang muncul dari tanah Hijaz. 

Namun demikian boleh jadi peristiwa keluarnya api dari tanah Hijaz ini belum terjadi. Atau akan diperlihatkan Allah SWT jelang terjadinya kiamat di waktu yang tidak kita ketahui. Wallahu'alam.

photo
Infografis 5 Pertanyaan yang akan Ditanyakan pada Hari Kiamat. Ilustrasi Allah - (Republika.co.id)

sumber : Dokumentasi Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement