Rabu 28 Feb 2024 20:49 WIB

Rasulullah SAW Pernah Susah Tidur Akibat Makan 1 Biji Kurma, Ini Penyebabnya 

Kurma merupakan salah satu makanan favorit Rasulullah SAW

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Toko kurma di Blok C Pasar Pusat Tanah Abang, Jakarta, Rabu (28/2/2024)
Foto: Republika/Febrian Fachri
Toko kurma di Blok C Pasar Pusat Tanah Abang, Jakarta, Rabu (28/2/2024)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kurma pada dasarnya adalah makanan yang halal dikonsumsi. Terdapat sejumlah hadits yang mengisahkan kegemaran Rasulullah SAW memakan kurma. 

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Sa'ad bin Abi Waqash RA, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga

 مَنْ اصْطَبَحَ كُلَّ يَوْمٍ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً لَمْ يَضُرَّهُ سُمٌّ وَلَا سِحْرٌ ذَلِكَ الْيَوْمَ إِلَى اللَّيْلِ وَقَالَ غَيْرُهُ سَبْعَ تَمَرَاتٍ 

"Siapa yang di setiap pagi harinya makan beberapa butir kurma ajwa, maka racun maupun sihir tidak akan mencelakakan dirinya pada hari itu, hingga malam." Riwayat lain menyebut tujuh butir kurma. (HR. Bukhari)

 

Adapun dalam hadits yang dikeluarkan oleh Al-Isma'iliy, kalimat yang digunakan adalah sebagai berikut: 

من تصبح بسبع تمراتٍ عجوة من تمر العالية

"Siapa yang pada pagi hari mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa yang berasal dari kurma Al-'Aliyah." Al-'Aliyah sendiri adalah kawasan pedesaan yang berada di sisi dataran tinggi dari kota, dan daerah yang dimaksud adalah daerah yang ada di sisi Najd.

Namun, pernah suatu ketika, Rasulullah SAW pernah sulit tidur setelah mengonsumsi satu biji kurma. Apa sebabnya?  

Dilansir dari Kitab Kisah-Kisah Sahabat yang ditulis Syaikhul Hadits Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi diterbitkan Pustaka Ramadhan, kurma tersebut ternyata dikhawatirkan berasal dari sedekah.

Nabi Muhammad SAW dan keluarganya tidak memakan harta sedekah dan zakat. Tapi, Nabi Muhammad SAW bisa menerima hadiah. Sebab sedekah dan zakat berbeda dengan hadiah.

Suatu ketika dikisahkan, baginda Nabi Muhammad SAW tidak dapat memejamkan matanya sepanjang malam. Berkali-kali Nabi Muhammad SAW membolak- balikkan posisi tidurnya. Sehingga istri Nabi Muhammad SAW bertanya, "Mengapa kamu tidak dapat tidur, ya Rasulullah?" 

Rasulullah SAW menjawab, "Tadi tergeletak sebutir kurma, kemudian aku memakannya karena khawatir kurma itu terbuang sia-sia. Sekarang aku cemas, jangan-jangan itu kurma sedekah."

Kemungkinan besar kurma itu benar-benar milik baginda Nabi Muhammad SAW. Namun, karena sering datang sedekah yang diberikan orang-orang melalui baginda Nabi Muhammad SAW maka menjadikan beliau ragu dan membuat beliau tidak dapat tidur sepanjang malam. Beliau khawatir kurma yang dimakan itu adalah harta sedekah.

Baca juga: Alquran Sebut Langit Tercipta Hingga 7 Lapisan, Begini Penjelasan Ilmiahnya

Demikianlah akhlak pemimpin kita, hanya karena perasaan ragu, Nabi Muhammad SAW berkali-kali membolak-balikkan posisi tidurnya dan tidak dapat tidur sepanjang malam. 

Lantas bagaimana keadaan diri kita ini sebagai pengikut Nabi Muhammad SAW? Ada yang memakan suap, riba, hasil curian, hasil rampokan, dan bermacam-macam harta yang tidak boleh dimakan, tanpa merasa takut dan cemas, padahal dia mengaku sebagai umat baginda Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW yang sudah dijamin masuk surga saja takut meski hanya memakan sebutir kurma yang dikhawatirkan itu kurma sedekah. Bagaimana dengan kita yang berlumuran dosa karena kerap berbuat dosa.

photo
Infografis Manfaat Makan Kurma Setiap Hari - (republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement