Selasa 27 Feb 2024 23:25 WIB

Lima Jenis Kurma Favorit dan Karakteristiknya

Kurma merupakan jenis tanaman palma yang banyak ditanam di Timur Tengah.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Kurma (ilustrasi)
Foto: Pixy.org
Kurma (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Kurma merupakan jenis tanaman palma yang banyak ditanam di Timur Tengah dan Afrika. Kurma tumbuh subur di jazirah Arab dan menjadi makanan pokok masyarakat Arab, bahkan menjadi makanan favorit Nabi Muhammad saw. 

Kurma juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw untuk berbuka puasa. Kandungan air dan rasa manis alami dari buah kurma dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk tubuh.

Baca Juga

Dalam hadits riwayat Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan kurma , sebab kurma itu mendatangkan berkah. Namun apabila tidak ada, berbukalah dengan air karena air itu bersih." 

Negara-negara penghasil kurma adalah Aljazair, Bahrain, Mesir, Irak, Libya, Maroko, Oman, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Suriah, Yaman. Di Madinah, Arab Saudi ada pasar bersama Souq Al Tumor yang menjual 150 varietas kurma. 

 

Dari sekian banyaknya  jenis-jenis kurma, berikut ini lima kurma favorit yang banyak dicari dan dikonsumsi umat Islam.

Pertama, Kurma Ajwa, merupakan jenis kurma yang disukai Nabi saw, di Indonesia kurma ini disebut kurma Nabi. Kurma Ajwa berwarna coklat tua kehitaman dengan rasa manis dan bertekstur lembut. Kurma ajwa tak hanya dikategorikan sebagai buah dan makanan, tetapi juga sebagai obat, sehingga cocok sekali dikonsumsi oleh siapapun.

Dua, Kurma sukkari termasuk yang banyak dijual di Indonesia menjelang bulan Ramadhan. Sukkari dalam bahasa Arab berarti manis. Kurma ini salah satu varietas yang digemari di Arab Saudi untuk disantap bersama kopi pahit. Buahnya berbentuk kerucut, kulit kuning dan keres, tekstur daging buah agak renyah dan manis. Di Indonesia, kurma ini pun disebut cocok dijadikan sebagai topping hidangan penutup, campuran kue hingga dijus. 

Tiga, Kurma Medjool bahasa Arab yang berarti tidak dikenal. Kurma ini berasal dari Maroko juga banyak ditanam di Amerika Serikat, Yordania, dan Palestina. Kurma Medjool bentuknya relatif besar dan panjang, kulitnya berwarna coklat dan tipis, serta memiliki daging buah yang kenyal. Kurma Medjool memiliki rasa manis yang legit dan lembut dibandingkan jenis lainnya.

Empat, Kurma Khadrawy dalam bahasa arab yang berarti hijau, digemari di negara-negara Arab. Kurma ini berwarna sangat gelap dan memiliki tekstur yang empuk.

Lima, Kurma barhee atau (barhi), dari Arab Saudi. Kurma jenis ini berbentuk silinder, berwarna kuning terang kecoklatan ketika matang, jika sudah matang dagingnya lembut dan tebal. 

Dikutip dari buku “Al-Quran dan Ilmu Kesehatan Masyarakat Perspektif Integratif” oleh Dr. Azhari Akmal Tarigan, kurma mampu memperkuat suhu tubuh secara alami juga tidak akan menyebabkan reduksi timbunan ampas atau sisa makanan yang bisa merusak tubuh seperti yang ditimbulkan oleh kebanyakan jenis makanan dan buah-buahan lain dan lebih mengejutkan lagi, bagi mereka yang telah rutin makan buah kurma, buah ini mampu mencegah kerusakan dan pembusukan makanan yang berdampak buruk bagi tubuh manusia. Banyak ahli dan peneliti yang mengakui bahwa buah kurma merupakan makanan kesehatan yang sangat luar biasa. Hal ini tidak lain karena banyaknya kandungan di dalam buah tersebut. Buah kurma sebagai makanan kesehatan dan memiliki kandungan gizi yang banyak, sudah tidak terbantahkan lagi saat ini.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement