Sabtu 24 Feb 2024 01:05 WIB

Di Hari Kiamat Manusia Dibagi Menjadi Tiga Golongan, Siapa Saja?

Seluruh umat manusia berkumpul tanpa alas kaki, telanjang, dan tidak dikhitan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi kiamat
Foto:

Diriwayatkan, Saudah berkata, "Betapa buruknya, sebagian dari kita melihat sebagian kita yang lain." Nabi menjawab, "Manusia terlalu sibuk untuk melakukan hal itu."

Allah berfirman: "Setiap orang dari mereka pada hari itu mempunyai urusan yang menyibukkannya." (QS Abasa ayat 37)

Apa yang menyibukkan mereka?

Betapa agungnya sebuah hari, ketika aurat-aurat terbuka tetapi meskipun demikian, perbuatan melihat dan menoleh tidak dilakukan. Bagaimana mungkin hal itu dilakukan, sedangkan mereka berjalan menggunakan perut dan wajah mereka sehingga mereka tidak mampu untuk melihat orang lain.

Abu Hurairah berkata, Rasulullah bersabda, "Pada hari kiamat, manusia dikumpulkan di padang Mahsyar menjadi tiga golongan, yaitu kelompok yang berjalan berkendaraan, kelompok yang berjalan kaki, dan kelompok yang berjalan menggunakan wajahnya." Seseorang bertanya, Wahai Rasulullah, bagaimana mereka berjalan menggunakan wajah mereka?" Rasulullah menjawab, "Dia yang menciptakan mereka berjalan menggunakan kaki, juga bisa menciptakan mereka berjalan menggunakan wajah."

Menurut Ustadz Nur Roman dalam kajian Kitab Jauharatut Tauhid di kanal Youtube NU Online, golongan di Padang mahsyar yang berkendara adalah para rasul, para nabi, dan para wali Allah. Sedangkan golongan yang berjalan kaki adalah orang-orang yang muslim, namun pernah melakukan dosa besar selama hidupnya. Golongan terakhir berjalan dengan kepala mereka, dengan wajah mereka yang diseret oleh malaikat adalah golongan orang-orang kafir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement